Tak Lulus Administrasi CASN? Jangan Menyerah, Masih Bisa Ajukan Sanggah!

CPNS11.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sudah melihat hasil seleksi administrasi pada 2-3 Agustus 2021 kemarin. Banyak yang tidak lulus meski merasa persyaratan administrasi sudah lengkap.

Untuk itu, bagi pelamar yang gagal lulus karena tidak memenuhi syarat (TMS) masih memiliki peluang lolos jika berkas yang diajukan dirasa lengkap melalui proses sanggahan mulai malam ini, 5-8 Agustus 2021.

Pelamar yang keberatan terhadap pengumuman seleksi administrasi dapat mengajukan sanggahan dan panitia seleksi CPNS di website SSCASN.BKN.GO.ID..


Setelah itu, instansi akan memberikan tanggapan sanggah dan memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar.

Pelamar yang mulanya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) hanya bisa dinyatakan lolos apabila seluruh dokumen telah sesuai dengan persyaratan. Namun terdapat kesalahan pemeriksaan oleh verifikator dan bukannya untuk melengkapi/memperbaiki atau mengubah kesalahan yang dilakukan pelamar.

Keputusan sanggah akan diumumkan pada 15 Agustus 2021. Jika dinyatakan lolos maka bisa mengikuti ujian Standar Kompetensi Dasar CPNS berbasis Computer Assisted Test (CAT) pada 25 Agustus-4 September 2021.

Sebelumnya diketahui, Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memenuhi syarat dari 5.003 pelamar, sebanyak 2.892 orang yang lulus. Sementara sisanya 2.111 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi penerimaan CPNS.