Dosis Vaksin Menipis, Bus Vaksinasi Keliling Belum Bisa Beropasi

Bus-Vaksinasi13.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Masyarakat di Kota Pekanbaru saat ini belum bisa mengakses layanan bus vaksinasi Covid-19 keliling. Jumlah dosis vaksin yang ada tidak mencukupi untuk menjangkau seluruh masyarakat.

Pasokan vaksin menipis selama hampir dua pekan ini. Pemerintah pusat belum kunjung mendistribusikan vaksin tambahan untuk program vaksinasi.

"Jumlah dosis vaksin yang ada sekarang terbatas, tidak cukup untuk melayani masyarakat di bus vaksinasi keliling," jelas Kordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru, Khairunnas, Kamis 22 Juli 2021.


Menurutnya, masyarakat bisa datang ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk sementara. Ia menyebut bus vaksinasi keliling belum bisa beroperasi dalam waktu dekat ini.

"Untuk saat ini belum, kita tunggu kedatangan pasokan vaksin tambahan. Kita bakal memberi informasi kepada masyarakat, apabila bus tersebut sudah bisa kembali melayani masyarakat," ujarnya.

Bus vaksinasi keliling sudah beroperasi sejak 28 Mei 2021 silam. Bus ini awalnya bertujuan mempermudah masyarakat guna mendapat akses vaksinasi.

Total ada sepuluh unit bus vaksinasi keliling. Satu unit bus menjangkau sejumlah lokasi secara bergantian setiap harinya.

Masyarakat yang hendak mengakses layanan bus vaksinasi keliling hanya cukup memperlihatkan KTP. Mereka pun jalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19.