Juara Sapi Terbaik di Riau, Ini 11 Fakta Sapi Kurban Presiden Jokowi

sapi-jokowi2.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Presiden RI Joko Widodo menyerahkan sapi kurban kepada masyarakat Riau pada Idul Adha tahun 2021. 

Apa saja fakta menarik dan unik dari pemberian Sapi Kurban pilihan Presiden RI Joko Widodo ?

 

Berikut ini 11 fakta-fakta menarik dan unik dari Sapi Kurban pilihan Presiden RI Joko Widodo untuk masyarakat Riau, yaitu:

 

Pertama Jenis Sapi yang Dipilih

 

Berdasarkan hasil tim penilaian yang dilakukan bahwa Presiden Joko Widodo telah memilih sapi kurban jenis Limousin.

 

Sapi Limosin

Sapi Limousin milik warga Bengkalis yang dibeli Presiden Jokowi untuk sapi kurban warga Riau/Andrias/Riau Online

 

"Hari ini kita lepaskan sapi jenis limousin sebagai sapi kurban Presiden Jokowi. Alhamdulillah mudah-mudahan, ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak sapi di Pulau Bengkalis," kata Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, Senin, 12 Juli 2021.

 

Kedua Warna Sapi yang Mewah dan Elegan

 

Tim penilaian yang dilakukan terhadap pemilihan Sapi Kurban pilihan Presiden RI Joko Widodo, dengan sapi berwarna kecoklatan muda sudah berumur enam tahun lebih. Warna Sapi yang dilihat sangatlah mewah dan elegan. 

 

Ketiga Berat Sapi yang Fantastik

 

Sapi kurban pilihan Presiden RI Joko Widodo yaitu memiliki berat nyaris 1 ton. Dimana hasil penimbangan bobot sapi limousin ini memiliki berat 889 kilogram. 

 

Penimbangan dilakukan saat mengikuti seleksi sejak April 2021 lalu dan diperiksa kesehatannya oleh Balai Veteriner Bukittinggi mewakili Kementerian Pertanian.

 

Sapi Limosin2

 

Sapi Limousin milik warga Bengkalis yang dibeli Presiden Jokowi untuk sapi kurban warga Riau/Andrias/Riau Online

 

 

"Sepekan lalu tim dari provinsi juga melakukan pengamatan ulang untuk memastikan kesehatan hewan tersebut," kata Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Tanamam Pangan Holtikultura dan Perternakan (DTPHP) Bengkalis, Amri Noer.

 

 


Keempat Ternyata Pemenang Kontes Sapi Terbaik di Riau

 

Bukan asal pilih. Ternyata sapi Limousin ini pernah menjadi pemenang kontes sapi terbaik di Riau pada April 2021 lalu.

 

Kelima Asal Sapi dari Kabupaten Bengkalis

 

Sapi kurban pilihan Presiden RI Joko Widodo berasal dari Kabupaten Bengkalis.

 

Bahkan menurut Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, Pulau Bengkalis memiliki potensi untuk peternakan. 

 

Terbukti dengan terpilihnya sapi limousin asal Bengkalis sebagai sapi kurban Presiden.

 

Keenam Wakil Bupati Bengkalis Melepas Sapi Kurban Pilihan Presiden

 

Pelepasan sapi qurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Riau berlangsung dilaksanakan Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Desa Kelapapati oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, Bagus Santoso, Senin (12/7/2021), untuk dibawa ke Pekanbaru.

 

Ketujuh Sapi Kurban Ini Milik Asal Peternak Sapi Ayuk Bersaudara

 

Pilihan sapi kurban Presiden RI Joko Widodo yaitu sapi yang dipelihara oleh Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Desa Kelapapati, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

 

Kedelapan Sapi Kurban Pilihan Presiden Diseleksi Ketat

 

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Tanamam Pangan Holtikultura dan Perternakan (DTPHP) Bengkalis, Amri Noer, mengatakan terpilihnya sapi limousin milik peternak Bengkalis untuk kurban masyarakat Riau telah melalui proses dan prosedur yang panjang.

 

Sapi ini, tuturnya, telah didaftarkan untuk mengikuti proses seleksi secara ketat dengan bobot 800 Kilogram lebih pada April lalu.

 

limosin

 

Sapi Limousin milik warga Bengkalis yang dibeli Presiden Jokowi untuk sapi kurban warga Riau/Andrias/Riau Online

 

"Sapi kita daftarkan ada tiga ekor, dan satu ekor dari kabupaten lain. Alhamdulillah sapi limousin Bengkalis terpilih sesuai dengan hasil seleksi oleh Balai Veteriner Bukittinggi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau," kata Amri Noer.

 

Kesembilan Sapi Kurban Presiden Diserahkan Langsung oleh Gubernur

 

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan Sapi Kurban yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada masyarakat Riau khususnya masyarakat Kota Pekanbaru yang berhak menerimanya.

 

Ia mengucapkan terimakasih atas Sapi Kurban yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo, dan mendoakan agar selalu diberikan kesehatan, kesuksesan dalam mengemban amanah masyarakat.

 

"Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahilhamd. Alhamdulillah pagi hari ini kami menyerahkan sapi kurban Bapak Presiden RI Joko Widodo bersama keluarga. Yang disampaikan untuk masyarakat Riau khusunya masyarakat Kota Pekanbaru melalui Masjid An-Nur," kata Syamsuar, kepada RiauOnline, Rabu, 21 Juli 2021.

 

Dia berpesan agar Sapi Kurban yang diberikan Presiden dapat diserahkan kepada warga yang berhak menerimanya.

 

"Kami telah serahkan tadi kepada Ketua Pengelola Masjid An-Nur, untuk disampaikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya," ujarnya.

 

Lanjutnya, "Semoga jadi amal ibadah Bapak Presiden kita bersama keluarga dan Beliau sehat selalu dan sukses selalu mengemban amanah masyarakat Indonesia".

 

 

 

 

Kesepuluh Lokasi Penyerahan dan Pemotongan di Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau

 

Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo dilakukan penyerahan dan pemotongan langsung bertempat di Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau.

 

Kesebelas Presiden RI Setiap Tahun Serahkan Sapi Kurban untuk Masyarakat Riau

 

Gubernur Riau Syamsuar mewakili masyarakat Riau mengucapkan terimakasih, karena setiap tahun selalu memberikan Sapi Kurban kepada masyarakat Riau.

 

"Kami atas nama masyarakat Riau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden yang telah memberikan sapi kurban setiap tahun kepada warga yang ada di Kota Pekanbaru khususnya dan umumnya masyarakat Riau," kata Syamsuar.

 

Nah itulah beberapa fakta menarik dan unik yang ikut memeriahkan kurban Idul Adha Tahun 2021.