Petugas Gagalkan Tiga Tahanan Berusaha Kabur dari Rutan Pekanbaru

ventilasi.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Rutan Kelas I Pekanbaru menggagalkan upaya pelarian tiga orang tahanan dengan menjebol ventilasi kamar hunian.

Kejadian berawal saat anggota regu pengamanan melakukan kontrol keliling pada Blok C pada Sabtu, 10 Juli 2021 pukul 03.00 WIB, didapati lampu kamar tahanan dalam keadaan padam.

Kemudian petugas melakukan pengecekan, diketahui tiga orang tidak berada di dalam kamar tahanan, terlihat ventilasi udara sudah jebol.

Kepala Rutan I Pekanbaru, Lukman mengatakan, anggota pengamanan langsung melaporkan kepada Kepala Regu Pengaman (karupam).


“Kepala regu memerintahkan anggota untuk siaga bergegas menuju area steril Rutan. Petugas berhasil mengamankan satu napi inisial IP yang masih berada diatas tembok,” ujarnya, Minggu, 11 Juli 2021.

Ia menambahkan, setelah beberapa menit melakukan pengecekan, petugas kembali mengamankan satu orang narapidana inisial FH di lokasi berbeda di area steril dalam Rutan.

“Selanjutnya, petugas melakukan penyisiran ke area luar Rutan dan mengamankan satu napi lagi inisial UAH meski dengan upaya perlawanan,” jelasnya.

Lukman menyebut, dari hasil penyisiran di lokasi, petugas pengamanan menemukan alat-alat yang digunakan tiga narapidana tersebut untuk kabur.

“Dari hasil penyisiran kami di lokasi kejadian, ditemukan barang yang diduga dipergunakan untuk percobaan pelarian, yaitu tali sarung dan potongan besi teralis,” ucapnya.

Tiga orang warga binaan pemsayarakatan yang mencoba kabur tersebut kemudian dibawa menuju ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan untuk dimintai keterangan.