Bantu Pasien Covid-19, Tanoto Foundation dan RAPP Bagikan 500 Ton Oksigen

Oksigen-dari-Tonoto.jpg
(PT RAPP)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi dan mendukung kepedulian Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group PT Riau Andalan Pulp & Paper (PT RAPP) yang bersedia memberikan bantuan pasokan oksigen medis sebanyak 500 ton.

 

"Kami dari Riau memberi bantuan 500 ton kepada saudara kita di Jawa-Bali. Kami mendukung program dari Tanoto Foundation untuk membantu kelangkaan oksigen di sana," katanya. 

 

Syamsuar juga siap mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19. Salah satu caranya dengan meminta bantuan kepada perusahaan besar di Riau agar ikut berpartisipasi. 

"Kami akan ikut mendukung, kita akan menghubungi perusahaan-perusahaan di Riau seperti Sinar Mas dan lainnya agar kiranya dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19," ujarnya. 

 

 Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto mengatakan, pihaknya merasa terpanggil dengan banyaknya kasus kekosongan tabung oksigen di berbagai rumah sakit di Indonesia.

 

“Kami segera berkoordinasi secepat mungkin untuk menyalurkan oksigen yang diproduksi PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Riau, ke Pulau Jawa. Tabung-tabung oksigen ini nantinya akan membantu memasok kebutuhan oksigen di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” ujar Anderson. 

 

 

Anderson berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Menteri Perindustrian dan Menteri Kesehatan sehingga kurang dari 36 jam kami dapat segera mengangkut dan mendistribusikan oksigen tersebut ke Pulau Jawa. 

 

"Semoga oksigen yang kami salurkan ini dapat membantu menyelamatkan para pasien Covid-19 yang harus dirawat di rumah sakit-rumah sakit khususnya di Pulau Jawa," ujarnya. 


 

Adapun pengiriman oksigen ini mulai hari ini, Jumat, 9 Juli 2021 dari Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau menuju Jakarta secara bertahap. 

 

Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksono Harbuwono mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan oksigen dari Tanoto Foundation dan APRIL Group. 

 

Menurutnya, ketersediaan oksigen merupakan hal yang esensial yang harus segera dipenuhi di tengah kenaikan kasus Covid-19. 

 

"Tentunya kami berterima kasih kepada Tanoto Foundation dan APRIL Group yang telah ikut membantu menyediakan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit di Pulau Jawa yang harus merawat pasien-pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis. Pandemi ini memang harus dihadapi bersama, saling bahu membahu dari seluruh stakeholder yang ada, baik pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat," pungkasnya.