Menteri Sandiaga Uno Puji Baju Batik Gubernur Syamsuar: Cantik Sekali

batik-siak.jpg
(WAYAN/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menyebut batik Melayu yang dipakai Gubernur Riau Syamsuar sagat cantik.

Ia menuturkan, ada banyak potensi ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan di Provinsi Riau. Mulai dari kerajinan budaya, kuliner, fashion, hingga musik, film, dan animasi.

"Yang saya pakai ini adalah fashion. Jadi selain yang saya pakai tanjak ini. Tadi juga Bapak Gubernur memakai batik yang cantik sekali," kata Sandiaga Uno, Sabtu, 03 Juli 2021, saat Meresmikan Gerai Sentral Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau secara virtual.

Dia meminta agar gerai yang telah diresmikan dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan kerajinan ekonomi kreatif Riau.

"Mari kita gunakan Gerai Sentral Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau ini untuk menampilkan berbagai jenis kerajinan budaya dan kuliner. Kuliner Riau sudah kita ketahui begitu banyak potensinya, mulai dari ikan patin, sampai jenis produk kuliner lainnya," ujarnya.


Lanjutnya, sudah saatnya masyarakat kembangkan produk-produk ekonomi kreatif di Riau selain pariwisata di Bono, Pelalawan, dan tempat lainnya.

"Saya yakin bahwa kita bisa menampilkan sisi-sisi ekonomi kreatif kita juga yang baru, seperti gaming. Ada juga potensi di bidang berkaitan dengan musik, film, maupun animasi. Kegiatan ekonomi kreatif seni dan budaya ini mari kita tampilkan secara rutin. Seni tari, musik dan pertunjukkan lainnya," papar Sandiaga Uno.

Ia mengajak untuk membangkitkan kembali semangat untuk melestarikan kerajinan, seni, budaya, kuliner, dan lainnya.

"Kita hadirkan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan. Saya dengan bangga meresmikan pembangunan dan pemanfaatkan Gerai Sentral Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau. Semoga ini dapat mendorong inovasi, mendorong kolaborasi kepada seluruh pemangku kepentingan dengan prinsip 3 G," imbuhnya.

Sambung dia, prinsip 3 G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi) untuk bisa bangkit dan menjadi pemenang pasca pandemi Covid-19.

"Mari kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kita harapkan Riau menjadi provinsi yang makmur dan sejahtera," pungkasnya.