Tiga Langkah Cegah Kemunculan Harimau Sumatera di Teluk Lanus

heru-sut.jpg
(DEFRI/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seekor Harimau Sumatera memangsa dua hewan ternak warga di Dusun Tiga, Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Sabtu, 26 Juni 2021.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menduga, harimau tersebut merupakan individu yang pernah muncul di barak pekerja perusahaan kelapa sawit pada 5 April 2021 lalu.

Dari analisa petugas, satwa tersebut berusia remaja yang baru belajar berburu. Kawasan kemunculan harimau masih dalam lanskap semenanjung kampar.

Untuk mencegah kemunculan harimau, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (Kabid KSDA) Wilayah II Riau, Heru Sutmantoro memberikan tips agar hewan ternak aman dari incaran binatang buas.


"Untuk mencegah agar hewan ternak tidak dimangsa bintang buas, ini ada sedikit tips untuk warga yang memelihara hewan ternak," ucap Heru kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 28 Juni 2021.

Berikut Tips aman menjaga hewan ternak dari buruan binatang buas:

1. Ciptakan suasana di kampung tersebut dengan suasana ramai dengan cara apapun, bisa dengan bunyi-bunyian, memukul tiang listrik atau sebagainya.

2. Bagi masyarakat yang memiliki hewan ternak agar sekitar kandang dibuat api unggun yang terkendali.

3. Buatlah area perlintasan jalan dengan wewangian yang menyengat, membakar dupa, obat nyamuk, serta bau yang dianggap asing bagi binatang buas.

Heru mengatakan, petugas telah memasang 8 unit kamera trap di tempat perlintasan Harimau dan rambu-rambu peringatan.

"Jikapun ada yang masih membahayakan, masyarakat atau warga diharapkan segera menghubungi pihak kita lewat layanan call center yang telah ditetapkan," pungkasnya.