Wali Kota Pekanbaru dan Wako Padang Dukung Percepatan Pembangunan Jalan Tol

wako-pku.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus bersama Wali Kota Padang, Hendri Septa sepakat mendukung percepatan pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Padang.

Keduanya bertemu dalam kunjungan Hendri di aula Kantor Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya, Kamis 24 Juni 2021. Turut hadir pula Komisi I DPRD Kota Padang.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menilai keberadaan Jalan Tol Pekanbaru-Padang membantu akses jalur Provinsi Riau-Provinsi Sumatera Barat. Ia menyebut, Kota Padang merupakan pusat kota di Sumatera Barat.

"Pekanbaru juga demikian, kondisi ini memungkinkan percepatan pembangunan di tengah Pulai Sumatera," jelasnya usai kegiatan.

Posisi kedua kota sangat strategis. Adanya jalan tol tentu memberi kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat yang ada di sekitar dua kota ini.

"Kita mendukung proses percepatan jalan tol ini, agar bisa menggesa proses pembangunan," paparnya.


Dirinya mengungkapkan, mereka sudah berdiskusi terkait percepatan pembangun di kedua daerah. Ia menilai ada sinergi dalam program pembangunan. "Kita akan buat nota kesepahaman di berbagai bidang," ulasnya

Wali Kota Padang, Hendri Septa mendukung kehadiran ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang. Ruas jalan tol ini menjadi rangkaian Tol Sumatera.

Dirinya menilai kehadiran jalan tol ini berdampak positif bagi masyarakat. Ada dampak untuk perekonomian bagi masyarakat di kedua kota.

"Adanya jalan tol ini tentu diharapkan ada peningkatan ekonomi bagi masyarakat," jelasnya.

Pemerintah Kota Padang juga siap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru. Ia menilai kedatangannya juga bentuk sinergi dua kota ini.

Kunjungan ke Kota Pekanbaru terkait rencana penyelenggaraan Rakernas Apeksi di Kota Padang pada tahun 2022 mendatang. Mereka mempersiapkannya jelang Agustus 2022 mendatang.