Ada 44 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Penyumbang Terbanyak

Titik-panas4.jpg
(bpbd pekanbaru)

RIAU ONLNE, PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Kamis, 17 Juni 2021.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya mengatakan, ada 44 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera dengan penyumbangang terbanyak itu Riau.

"44 titik panas tersebut tersebar di delapan provinsi," katanya.

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, Aceh yakni sebanyak tujuh titik. Selanjutnya di Bengkulu sebanyak satu titik. Jambi tiga titik. Di Lampung ada lima titik. Sumatera Selatan dan Bangka Belitung masing-masing ada delapan titik.

 


"Sumatera Utara ada dua titik dan Riau Sepuluh titik," ujarnya.

Untuk wilayah Riau sendiri, sepuluh titik panas tersebar di empat wilayah yakni di Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Rokan Hikir masing-masing sebanyak tiga titik. Untuk Siak ada satu titik.

Dari beberapa jumlah diatas, hampir seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

 

 Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 96 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 - 0.50 meter (tenang).