Achmad Blak-blakan Ungkap Alasan Jemaah Calon Haji Indonesia Batal Berangkat

Achmad4.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Anggota  komisi VIII DPR RI, Achmad memastikan pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jamaah calon haji tahun ini.

Anggota Panitia Kerja (Panja) bidang haji ini menyebut alasan keselamatan dan keamanan jamaah menjadi pertimbangan utama tahun ini pemerintah belum memberangkatkan jamaah.


"Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama sudah mengumumkan bahwa jemaah calon haji Indonesia untuk masa 1442 Hijriyah ini atau 2021 Masehi," ujar Achmad, Sabtu 5 Juni 2021.

 

 


Achmad menjelaskan secara teknis Indonesia sebenarnya sudah siap untuk memberangkatkan jamaah. Namun alasan kesehatan menjadi hambatan pemberangkatan.

"Secara teknis kementerian Agama sudah siap melaksanakan pemberangkatan haji. Namun karena pertimbangan kesehatan akhirnya pemerintah memilih untuk tidak memberangkatkan jamaah dari Indonesia," jelas Achmad.

Sebelumnya, Anggota DPR RI asal Riau meminta Presiden Jokowi untuk membangun komunikasi Government to Government  langsung dengan raja Salman untuk memperjuangkan keberangkatan haji.

 


Namun perjuangan itu kandas setelah pemerintah memastikan membatalkan keberangkatan haji pada masa haji 1442 Hijriyah tahun ini.

Diketahui Senin, 31 Maret 2021 lalu Pemerintah Arab Saudi melalui Twitter resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, @MOISaudiArabia mengeluarkan daftar sejumlah negara yang diizinkan melaksanakan haji diantaranya Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Hingga Jepang. Diketahui tidak ada nama Indonesia tercantum dalam daftar tersebut.