Ada 138 Event Pariwisata di Riau Terhenti karena Pandemi Covid-19

Pacur-Jalur4.jpg
(Arsip Kemenpar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar membeberkan event pariwisata yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Riau. Ia menyebut bahkan ada 138 event. 

Ia juga menceritakan tiga wisata unggulan yang menjadi pemikat wisatawan datang ke Riau yaitu adanya wisata alam, religi, dan budaya. 

 

"Suasana pada saat ini semua kita sudah paham untuk Provinsi Riau ini ada 138 event setiap tahun terhenti dengan adanya Covid-19. Tentunya saat ini kita hanya bisa mempromosikan. Namun kita juga belum tahu sampai kapan Covid-19 ini akan selesai," kata Syamsuar, Rabu, 02 Juni 2021, seperti dikutip dari YouTube Sripoku TV saat menjadi narasumber Webinar Nasional “Sumatera Travel Destination Summit” 2021 secara virtual.

Dia melanjutkan di situasi saat sekarang pandemi Covid-19, Riau belum bisa menerima wisatawan asing untuk berkunjung. "Karena bagaimanapun ya saat ini kita tahu bahwa daerah kami ini belum terbuka nih kepada negara Malaysia dan negara Singapura yang selama ini bisa terhubung langsung, sehingga bisa memberikan ruang untuk menikmati suasana wisata di Riau," sebut Syamsuar. 


 

Menurutnya wisata di Riau ini mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata religi. "Ini semua tentunya kami siap dengan kehadiran wisatawan nantinya berkunjung ke Riau," ujarnya. 

 

"Karena itu kami menyarankan terutama kepada pemerintah kita dalam hal ini Kementerian Pariwisata saya mendengar arahan Pak Menteri bagaimana kita bisa mengembangkan terutama wisatawan domestik," sambungnya. 

 

Pihaknya menuturkan event internasional di Riau yang terhenti sejak pandemi Covid-19. "Kemudian yang selanjutnya, saya sampaikan ada 138 event wisata di kabupaten/kota se-Riau ini, kita juga sudah ada melakukan event internasional seperti balap sepeda Tour De Siak, ini terhenti sejak tahun 2020 setelah adanya Covid-19," pungkasnya.