Sangat Dibutuhkan, Ade Agus Minta Gubernur Gerak Cepat Pilih Sekda Riau

Ade-Agus-Hartanto4.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto berharap proses seleksi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau dapat segera selesai dan Gubernur segera memilih Sekda. 

"Saya kira gercep (gerak cepat) lah, Gubernur memutuskan dan mengirimkan ke Kementrian Dalam  Negeri," ujar Ade Agus, Senin 23 Mei 2021.

 

Ia berharap proses seleksi dapat selesai dalam dua pekan ke depan dan Riau segera memiliki Sekda definitif dengan kewenangan penuh. 

Terhitung nyaris lima bulan jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Riau tidak diisi oleh pejabat definitif pasca mantan Sekda, Yan Prana Indra Rasyid menjadi tersangka kasus korupsi kala menjabat di Bapeda Siak. 

 

Tak ayal kondisi ini disebut Ade Agus membuat timpang jalannya pemerintahan karena Pelaksana Jabatan Sementara, Masrul Kasmy tidak memiliki kewenangan penuh.

 


"Kita harapkan lebih baik lah sesuai dengan visi misi pak Gubernur. Sekarang ini seolah-olah sedikit timpang karena Sekdanya belum definitif," ungkap Sekretaris DPW PKB Riau tersebut.

 

Mengenai kualitas ketiga calon Sekretaris Daerah tersebut, yakni SF Hariyanto, Indra Suandy, dan Said Mustafa, Ia menyebut ketiganya cukup baik.

 

 

"Baik semua, tiga-tiganya bagus. Secara syarat mereka terpenuhi. Buktinya mereka sudah sampai tiga besar," ungkapnya.

 

Ade Menyebut DPRD Riau sangat membutuhkan segera penetapan Sekda Definitif karena dalam waktu dekat akan segera melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P)  

 

"Kami butuhkan itu segera. Sebentar lagi kita akan membahas APBD Perubahan dan RAPBD 2022. Sekda langsung sebagai ketua TAPD yang akan bersentuhan langsung dengan Badan Anggaran DPRD RIau," ujar Ade Agus menutup keterangannya.