Angka Covid-19 Meledak, Dewan Pertanyakan Penanganan Oleh Pemprov Riau

Ade-Hartati.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Angka positif Covid-19 di Riau kembali meledak.terkini, Riau berada pada posisi ke empat provinsi dengan kasus positif baru terbanyak.

Tercatat angka peningkatan kasus Covid-19 per 14 April 2021 mencapai 335 kasus yang menjadikan Riau sebagai provinsi di luar pulau Jawa dengan angka positif terbanyak.

Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat mengkritisi tidak adanya Peraturan Gubernur sebagai acuan penyelenggaraan teknis dari Perda no. 4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan kesehatan.


"Bagaimana upaya penanggulangan dan pengendalian selama ini? Bagaimana dengan Perda Penyelenggaraan Kesehatan? Apakah sudah diturunkan dalam bentuk Pergub," ujar Ade Kamis, 15 April 2021

Politisi PAN ini menyebut Pemprov terlalu bergantung pada vaksinasi massal. Padahal, vaksinasi massal masih sangat jauh dalam membentuk imunitas kelompok atau herd immunity.

"Semua bertumpu pada program vaksinasi masal yang jauh dari upaya terbentuknya imunitas kelompok karena mengingat masih banyak masyarakat yang belum divaksin," ujarnya.

Ade meminta, agar jangan lagi angka peningkatan kasus menjadi alasan untuk re-focussing anggaran, namun re-focussing tersebut tidak berdampak pada angka penurunan kasus Covid-19.