Truk ODOL Bebas Lewat karena Punya Beking Kuat, Masalah Jalan Sulit Selesai

Truk-ODOL3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi IV DPRD Riau, Nurzafri meminta ketegasan dari pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan dan pemeliharaan jalan di Riau. 

Ia menyebut ada pihak-pihak ya melindungi truk-truk Over Dimension Over Loading (ODOL) sehingga penindakan terhadap ODOL sulit dilakukan.

 

"Perlu ada ketegasan dari pihak-pihak terkait. Jangan nanti kita razia ke lapangan muncul para backing yang melindungi truk melebihi kapasitas ini, sia-sia jadinya," ujar Nurzafri, Rabu, 14 April 2021.

 

ia menyebut harus ada kerja sama untuk memperbaiki kualitas jalan sekaligus mencegah jalan tersebut rusak kembali. Ia menyebut dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Dinas Perhubungan sangat berperan. 

 

"Kita minta semua pihak berpartisipasi sehingga jalan dan ODOL ini bisa diseleisaikan dengan baik. Bukan hanya PUPR tetapi juga Dinas Perhubungan terkait disini," tambahnya.


 

Menurutnya harus ada ketegasan dalam mengawasi truk ODOL ini sehingga jalan yang sudah diperbaiki tidak lagi rusak dan permasalhan terus berulang.

 

"Kita ingin jalan yang baik tetapi pengawasan minim sehingga truk-truk melebihi tonase itu tetap lalu lalang di jalan," ujar Nurzafri.

 

 

Ia menututurkan sempat turun ke lapangan dan melakukan inspeksi ke jembatan timbang. Dalam inspeksinya ia menerima laporan petugas yang sering berbentutran dengan backing-backing ODOL yang membuat mereka tak berdaya melarang ODOL beroperasi.

 

"Mereka bercerita tenaga mereka terbatas, pengawas mereka terbatas. Bahkan pernah juga berbenturan dengan pihak lain. Ada backing, dengan kelebihan tonase bisa lewat," tutup Nurzafri.