Kelmi Sesalkan Pemerintah Lemah Tindak Kendaraan ODOL

Truk-ODOL2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi IV DPRD Riau, Kelmi Amri menyanyangkan sikap Pemerintah Provinsi Riau yang tidak tegas dalam menindak kenderaan Over Dimension Over Load (ODOL). Akibat ketidaktegasan itu, sejumlah ruas jalan di Riau Rusak.

"Kitakan ingin sikap tegas Pemprov menegakkan ODOL, karena sejauh ini masih belum maksimal. Kita sudah bolak-balik dorong ditertibkan, tapi tak juga," ujar Kelmi, Selasa, 12 April 2021.

Terlebih lagi anggaran perbaikan dan perawatan jalan di APBD 2020 dan 2021 fokus di penanganan Covid 19.


"Korelasi ODOL ini dengan kondisi hari ini di Riau, banyak ruas jalan sangat parah, minim pemeliharaan dan pembangunan jalan di tahun 2020 dan 2021. Ini harus jadi konsen Pemprov, kalau tak memberatkan, ke depan harus ada percepatan ruas jalan provinsi, juga kabupaten," cakapnya lagi.

Kondisi sama juga terjadi di Pemerintah Kabupaten di Riau yang juga mengalami masalah keuangan. Padahal faktor transportasi merupakan kunci dalam percepatan ekonomi.

Melihat hal ini, politisi Demokrat tersebut meminta ada kerja sama mulai dari pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten untuk membagi peran memperbaiki sarana jalan dan menindak tegas masalah ODOL.

"Ditambah di 12 kabupaten kota mengalami defisit keuangan kita mengerti itu. Tapi, kalau dibagi kewenangan, harus ada semangat kebersamaan. Karena bagaimanapun, masyarakat sangat membutuhkan infrastruktur yang baik dalam roda perekonomian mereka," tutup Kelmi.