Vaksin Covid-19 AstraZeneca Belum Tiba di Riau, Ini Penyebabnya

donor-vaksin.jpg
(wayan/RIAUONLINE)

 RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, dr Dante Saksono Harbuwomo mengatakan vaksin Covid-19 AstraZeneca belum bisa didistribusikan ke Provinsi Riau.

Ia menuturkan ada tiga alasan masyarakat Riau belum bisa disuntik dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca.

Pertama, pendistribusian vaksin Covid-19 AstraZeneca Terfokus di Jawa dan Bali.

Wamenkes RI, dr Dante Saksono Harbuwomo menyampaikan tahap distribusi vaksin Covid-19 AstraZeneca yang 1.1 juta dosis masih terfokus untuk daerah Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur.

"Kami sudah mendapat 1.1 juta vaksin AstraZeneca. Sudah kami distribusikan kepada beberapa daerah yang memang secara akumulatif memerlukan distribusi vaksin terlebih dahulu, seperti Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan beberapa provinsi lainnya," kata dr Dante, Rabu, 24 Maret 2021, kepada awak media saat konferensi pers di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi Pekanbaru.


Kedua, expired date vaksin AstraZeneca jatuh pada 31 Mei 2021.

Pihaknya memastikan nantinya Provinsi Riau juga akan mendapatkan jatah vaksin Covid-19 AstraZeneca.

"Mungkin nanti Provinsi Riau akan mendapatkannya juga tetapi untuk batch yang kali ini, karena expired date nya akan jatuh pada tanggal 31 Mei, di Provinsi Riau masih belum bisa mendapatkannya," ujarnya

 

Ketiga, stok dosis vaksin di Provinsi Riau Masih Cukup

Menurutnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Riau yang sedang berlangsung masih ada stok dosis vaksin Covid-19.

"Karena stok di Provinsi Riau masih cukup untuk kegiatan vaksinasi pada tahapan proses yang sekarang sedang berlangsung," pungkasnya.

Wamenkes RI dr Dante Saksono Harbuwomo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada Rabu, 24 Maret 2021. Ia melihat pelaksanaan bakti sosial donor darah, peninjauan vaksinasi massal Covid-19, serta peresmian pelayant vaksinasi Covid-19 drive thru di Rumah Sakit Awal Bros Panam, Pekanbaru.