Pengamat Politik, Kerja Rezita-Junaidi Lebih Mudah, Rizal-Yogi Punya Harapan Tipis

setyo.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengamat Politik, Panca Setyo Prihatin menilai Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Inhu di TPS 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal mengunggulkan paslon 02 Rezita-Junaidi dibandingkan pihak pemohon PSU, Paslon 05, Rizal-Yogi.

"Kalau saja pasangan Rezita-Junaidi ini mampu mempertahankan jumlah suaranya saya kira peluangnya cukup besar. Apalagi pemilihan kan tetap diikuti  lima pasang calon," ungkap Panca, Rabu 24 Maret 2021.

Namun menurutnya peluang Rizal-Yogi masih terbuka terutama bila dapat memindahkan suara paslon lain menjadi miliknya.

Hal ini disebut Akademisi UIR ini sangat mungkin terjadi sebab ada indikasi dukungan paslon lain kepada Rizal-Yogi di beberapa kiriman media sosial.

"Kecuali  ada peristiwa  luar biasa yang terjadi misalnya  ada koalisi. Karena sepertinya calon yang lain memberikan dukungan ke paslon nomor lima, bisa saja pasangan nomor lima membuat kejutan," ujarnya.


Namun demikian dukungan ini tetap harus dibentuk ke dalam kerja politik yang konkret. Atas hal ini, tentu  pasangan  nomor 2 tidak akan tinggal diam.

"Dengan keadaan genting ini tak mungkin  paslon 2 tinggal diam. Rasanya tak mungkin dia tidak dapat suara," tegasnya.

Menurutnya, kondisi silent war antar dua paslon ini akan sangat sengit Melibatkan multi aspek mulai dari partai politik pendukung, basis massa, hingga tokoh masyarakat akan dimaksimalkan. Bahkan menurutnya bisa saja cara-cara praktis seperti money politik dilakukan.

"Politik itu how to get a throne,  bagaimana mendapatkan singgasana kekuasaan. Dengan situasi yang genting ini mereka akan menggunakan beragam cara," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Di TPS 03 Desa Ringin sendiri terdapat 307 DPT dengan 233 pemilih menggunakan hak pilihnya pada pemungutan suara lalu.

secara matematis peluang menyalip palon Rezita-Junaidi masih terbuka bagi paslon Rizal-Yogi jika dapat memaksimalkan suara-suara paslon lain dan pemilih yang tak menggunakan haknya pada Pilkada lalu dengan catatan suara Rezita-Junaidi berkurang dari sebelumnya.

Sementara bagi Rezita-Junaidi pekerjaan akhir ini akan lebih mudah. Selisih keduanya yang mencapai 285 suara jika TPS 03 Desa Ringin di-reset dapat dipastikan tak terkejar bila 37 suara yang diraih di Pilkada lalu dapat dipertahankan meski seluruh suara sisanya menjadi milik Rizal-Yogi.