Di Tengah Pandemi Anggota DPRD Riau Minta Kunker ke Rusia, Kemendagri Jawab Begini

Katedral-Santo-Basil.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj)  Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy, mengungkapkan rencanan perjalanan dinas luar negeri (Eropa) DPRD Riau tidak hanya menuju satu negara saja.

 

Ia menyebut ada satu negara lagi yang nantinya akan menjadi kunjungan dewan.

 

“Ada satu lagi ke Eropa, kemana satu lagi saya lupa. Yang jelas permintaan mereka untuk ke Eropa belum dipenuhi oleh pihak Kemendagri,” kata Masrul Kasmy, Jumat, 18 Maret 2021.

 

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy, mengatakan usulan perjalanan dinas keluar negeri (Eropa) yang diajukan oleh DPRD Riau ditolak Mendagri.

 

Ia melanjutkan penolakan itu karena masih banyak negara di Eropa yang belum membuka penerbangan serta belum menjalin kerjasama dengan negara Indonesia.


 

“Sampai sekarang jawabannya, inikan mereka (DPRD Riau) mangajukan, tadi saya sudah dapat kontak dari Biro Tapem, itu tidak bisa dijalankan," kata Masrul Kasmy, Jumat, 18 Maret 2021.

 

Menurutnya hal itu terjadi karena apa, dipusat sendiri belum ada bisa kontak dengan pihak Rusia. 

 

"Mereka belum bisa membuka pertalian dengan pihak Rusia. Ada satu lagi ke Eropa, kemana satu lagi saya lupa. Yang jelas permintaan mereka untuk ke Eropa belum dipenuhi oleh pihak Kemendagri,” pungkasnya.

 

Seperti diketahui, rencana perjalanan dinas anggota DPRD Riau pada tahun 2021 yang dianggarkan pada APBD Riau mencapai Rp 396,1 miliar. 

 

 

Selanjutnya, dari jumlah tersebut Rp 13 miliar digunakan untuk perjalanan dinas ke luar negeri, dengan rincian Rp 12 miliar untuk anggota DPRD Riau dan Rp 1 miliar untuk sekretariat DPRD Riau. 

 

Sementara, saat sekarang ini masih dalam situasi wabah Pandemi Covid-19 yang merebak keseluruhan dunia sehingga perlu pembatasan dan pengetatan mobilitas orang.