Kakek Rela Jual Rumah demi Biaya Sekolah Cucu, Kini Tinggal di Bajaj

sopir-bajaj.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, NEW DELHI-Kakek Deshraj Ji melakukan apa saja untuk membantu sang cucu sukses. Termasuk menjual aset satu-satunya yang mereka punya seperti rumah agar impian mereka bisa menjadi kenyataan.

Seorang kakek tua di Mumbai, India, melakukan hal itu. Menurut laman Instagram Humans of Bombay, Deshraj Ji, seorang tukang bajaj lansia, menjual rumahnya agar cucunya bisa bersekolah dan belajar menjadi seorang guru.

Dia akhirnya harus tidur di bajaj di malam hari, tetapi dia dengan senang hati melakukannya sehingga dia bisa melihat mimpi cucunya menjadi kenyataan.

“Enam tahun lalu, putra sulung saya menghilang dari rumah. Seminggu kemudian, orang menemukan mayatnya di sebuah mobil (bajaj); dia baru berusia 40 tahun. Sebagian diriku mati bersamanya tetapi dibebani oleh tanggung jawab, aku bahkan tidak punya waktu untuk berduka. Keesokan harinya, saya kembali ke jalan, mengendarai mobil saya, ”Deshraj Ji membagikan halaman itu.

 

Demi Sekolahkan Cucu, Kakek Ini Rela Jual Rumah dan Tinggal di Bajaj. (Dok: Instagram/humasofbombay)

Demi Sekolahkan Cucu, Kakek Ini Rela Jual Rumah dan Tinggal di Bajaj. (Dok: Instagram/humasofbombay)



Tapi, sayangnya, tragedi terjadi lagi dua tahun kemudian, ketika putranya yang lain juga ditemukan tewas karena bunuh diri. “Saya telah memberikan tumpukan kayu pemakaman kedua putra saya, apa yang bisa lebih buruk bagi seorang ayah?”

Tanggung jawabnya terhadap istri, menantu, dan cucunya membuat dia terus maju.

“Setelah kremasi, cucu perempuan saya bertanya, 'Dadaji, apakah saya harus berhenti sekolah?'. Saya mengumpulkan semua keberanian saya dan meyakinkan dia, “Tidak pernah! Kamu belajar sebanyak yang kamu inginkan ","


“Saya mulai bekerja berjam-jam, saya akan berangkat dari rumah jam 6 pagi dan mengendarai mobil sampai tengah malam. Hanya dengan begitu, apakah saya bisa menghasilkan Rp1,9 juta sebulan. Setelah menghabiskan Rp1,1 jutata untuk biaya sekolah mereka, saya hanya akan memiliki hampir Rp700 ribu untuk memberi makan keluarga saya yang terdiri dari tujuh orang, ”jelasnya.

Keluarganya akhirnya hampir tidak makan, dan ketika istrinya jatuh sakit, dia harus pergi dari rumah ke rumah, meminta uang untuk membayar obat-obatannya.

“Tapi, semuanya tampak sepadan ketika tahun lalu, cucu perempuan saya memberi tahu saya bahwa dia telah mendapatkan nilai 80 persen pada ujian papan ke-12, saya bahagia bukan main. Sepanjang hari, saya memberikan tumpangan gratis kepada semua pelanggan saya. Dia berkata kepada saya, “Dadaji, saya ingin mengambil kursus B.Ed di Delhi”, ”

“Mendidiknya di kota lain jauh di luar kemampuan saya, tetapi saya harus mewujudkan mimpinya, dengan cara apa pun. Jadi, saya menjual rumah kami dan membayar biayanya. Lalu, saya mengirim istri, menantu, dan cucu saya lainnya ke rumah kerabat kami di desa kami, sementara saya terus tinggal di Mumbai tanpa atap, ”ceritanya.

Sudah setahun sejak dia menjual rumah mereka demi pendidikan cucunya, dan dia tidak menyesali apa pun.

"Sejujurnya, hidup ini tidak buruk. Saya makan dan tidur di mobil saya dan pada siang hari, saya mengangkut penumpang saya. Hanya duduk, terkadang kaki saya sakit, tetapi kemudian cucu perempuan saya akan menelepon dan memberi tahu saya, "Saya menjadi yang pertama di kelasku" dan semua rasa sakit saya hilang," kata dia.

“Saya tidak sabar menunggu dia menjadi guru sehingga saya bisa memeluknya dan berkata,“ kamu telah membuat saya sangat bangga ”. Dia akan menjadi lulusan pertama di keluarga kami. "


Kisah paman ini, yang menghebohkan internet, mendorong netizen untuk membuat halaman crowdfunding untuknya. Mereka berhasil mengumpulkan Rp47 juta