Jika Tak Mampu Menyewa, Pemprov Riau Gratiskan Peminjaman Alat Berat

Alat-berat-buka-lahan.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution meninjau kesediaan alat berat guna memudahkan masyarakat untuk membuka lahan tanpa dibakar.

 

Wagubri bersama rombongan tiba di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pekerjaan Umum, Jalan Parit Indah, Pekanbaru untuk meninjau alat berat yang akan digunakan bagi masyarakat atau kelompok tani yang akan membuka lahan.

 

“Saya kesini untuk mengecek alat disini yang akan digunakan dalam rangka mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” tuturnya, Kamis, 18 Marer 2021.

Edy menamabahkan, dengan difungsikannya alat berat ini untuk masyarakat, dapat memudahkan mereka untuk membuka lahan dan meminimalisir terjadinya kebakaran.


 

“Pada tahun 2021 diadakanlah sebanyak 12 unit alat berat ini dan akan ditempatkan di enam UPT di Riau. Saat ini, sudah ada tiga alat  berat yang ditempatkan di tiga UPT,” terangnya.

 

Mantan Danrem 031/ Wira Bima ini menjelaskan, skema yang sedang diusul kali ini mengenai peminjaman alat berat kepada masyarakt yakni melalui kelompok tani.

 

“Jadi kalau ada kelompok tani yang ingin menggunakan eskavator ini, mereka ajukan ke Dinas Pertanian, nanti akan dievaluasi dan jika dianggap layak maka Dinas PUPR akan meminjamkan alat itu,” ujarnya.

 

Edy menambahkan, jika memang masyarakat atau kelompok tani ini dianggap layak namun tidak mampu untuk menyewa, maka pihaknya tentu akan menggratiskan pemakaian alat ini bagi masyarakat kurang mampu.

 

Nantinya, sebanyak 12 unit alat berat ini akan ditempatkan di enam UPT, masing-masing dua alat berat.

 

Melalui program ini diharapkan, masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar serta dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.