Batal Lagi, DPRD Riau Tiga Minggu Tak Laksanakan Paripurna

Ruang-Rapat-paripurna-DPRD-Riau.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Rapat paripurna DPRD Riau kembali batal dilaksanakan. Rapat yang sedianya dijadwalkan pukul 10.00 WIB pagi tadi 15 Maret 2021  akhirnya dibatalkan pukul 12.00 WIB.

Dalam pantauan Riauonline.co.id tidak terlihat satu pun Pimpinan DPRD Riau dan anggota Dewan yang hadir ke ruang rapat Paripurna. Padahal, protokoler sempat mengumumkan dan memanggil melalui pengeras suara.

Pun demikian dengan anggota dewan yang melakukan rapat secara daring juga terlihat sudah masuk ke ruang rapat daring tersebut. 


Sedianya rapat akan membahas dua agenda yakni penyampaian Ranperda Penyelenggaraan Pesantren dan Penyampaian Ranperda Umum Penyelenggaraan Daerah (RUED) 2020-2050.

Dengan pembatalan ini artinya DPRD Riau sudah tiga minggu tidak melaksanakan paripurna. Terakhir DPRD Riau melaksanakan paripurna pada 25 Februari 2021. Padahal biasanya DPRD Riau menjalankan dua kali Paripurna setiap minggu.

Kondisi ini tentu menimbulkan pertanyaan mengingat anggota DPRD akhirnya lengkap setelah cukup lama ditinggal kosong sejumlah anggota DPRD Riau yang ikut serta di Pilkada 2020 termasuk tiga pimpinan.

 


Setelah pelantikan Syafaruddin Poti selaku wakil Ketua DPRD Riau serta Misliadi dan Pieter Marpaung selaku Pengganti Antar Waktu (PAW) yang melengkapi anggota DPRD Riau justru hanya melakukan satu kali Paripurna. Padahal rapat paripurna merupakan istrumen pengambilan keputusan tertinggi di DPRD Riau.