Cegah Pembukaan Lahan dengan Membakar, Pemprov Pinjamkan Alat Berat

Karhutla-BBKSDA2.jpg
(BBKSDA Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Menghindari terjadinya kebakaran lahan, Pemerintah Provinsi Riau sediakan alat berat bagi masyarakat kurang mampu untuk membuka lahan.

Maraknya aktifitas membuka lahan dengan cara dibakar, diambil langkah cepat oleh Pemprov Riau dengan menyediakan 12 alat berat bagi masyarakat untuk membuka lahan, untuk meminimalisir kebakaran lahan.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Hadi Penandio, mengatakan, kebijakan ini dari Gubernur Riau untuk menyediakan alat berat untuk membuka lahan tanpa dibakar.

“Saat ini Provinsi Riau memiliki 12 unit alat berat di bawah pengelolaan Dinas PUPR yang tersebar di kabupaten dan kota. Selain untuk kegiatan PUPR, alat berat tersebut dapat dimanafaatkan untuk masyarakat dalam mengolah lahan tanpa dibakar,” ujarnya, Jumat, 5 Maret 2021.


Hadi, menambahkan, dengan cara ini diharapkan dapat meminimalisir kebakaran lahan.

“Untuk masyarakat yang tidak mampu untuk mengolah lahan bisa memanfaatkan eskavator sebanyak 12 unit ini,” jelasnya.

Nantinya, penggunaan alat berat untuk masyarakat ini akan dibahas kembali bagi masyarakat yang ingin menggunakan eskavator tersebut.

“Bagiamana prosedurnya nanti dikordinasikan dengan BPBD kabupaten yang tahu persis lokasi lahan dan statusnya, yang statusnya untuk masyarakat yang tidak mampu dalam mengolah lahan dan bukan area sengketa,” tuturnya.