Tenaga Kerja di Riau Dapat Kucuran Dana Rp 95 Miliar, Begini Cara Daftarnya !

Aktivitas-di-Balai-Latihan-Kerja.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan keseriusannya dalam memberikan pelatihan kepada tenaga kerja di Riau agar bisa bersaing.

Ia menyebut tahun 2021 ini Balai Latihan Kerja (BLK) Pekanbaru dan Dumai bakal mendapatkan anggaran pelatihan mencapai Rp 95 Miliar. Padahal dulu hanya berkisar Rp. 500 Juta. 

 

"Selama ini banyak BLK antara hidup dan mati. Bagaimana tenaga kerja kita bisa bersaing," kata Syamsuar, Rabu, 03 Maret 2021 kepada awak media, usai menyerahkan pengelolaan BLK Pekanbaru dan Dumai kepada Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziyah di Jakarta

 

Syamsuar melanjutkan, masyarakat sulit bersaing, misalnya ada BLK Dumai yang berdekatan dengan Malaysia. 

 


Ia menjelaskan nantinya masyarakat mendapatkan pelatihan sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

 

"Selama ini tenaga kerja kita yang bekerja seperti di Malaysia sulit bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain. Tapi nanti kalau sudah kita didik dengan baik di BLK Dumai, mereka akan punya skill dan mereka juga akan mendapat sertifikat sesuai keahliannya," ujarnya

 

Syamsuar juga telah menyiapkan lahan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Pertanian untuk meningkatkan taraf ekonomi petani.

 

Ia melanjutkan nantinya juga akan mendapatkan pelatihan agar Sumber Daya Manusia (SDM) di Riau bisa bersaing.

 

 

"Saya sudah menyiapkan lahan untuk BLK Pertanian, sehingga nanti para petani bakal mendapat pendidikan tidak sekedar bagaimana bertani yang baik, tapi juga bagaimana dengan bertani taraf ekonomi dapat lebih meningkat," pungkasnya.