Masa Depan Petani Jernang Cerah, Pemprov Riau Beli Bibit dari Petani

Bibit-Jernang.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau Maamun Murod berencana untuk melakukan adopsi bibit  jernang dari para petani di Kuansing.

 

Menurutnya dengan mengadopsi bibit dari petani jernang sendiri, maka akan memberikan penambahan pendapatan kepada para petani jernang. Ia juga akan memberikan fasilitas pembibitan kepada para petani jernang. 

 

"Bisa dua-duanya, tentunya yang lebih menarik itu kita adopsi bibit dari masyarakat, kita nanti beli, supaya masyarakat juga hidup dari pembibitan itu, dan juga bisa dinikmati oleh daerah-daerah lain," tegas Murod, Kamis, 18 Februari 2021, kepada RiauOnline saat dijumpai di Kantor Dinas LHK Riau.

 

Dukung Petani Jernang, Dinas LHK Riau Pastikan Petani Tak Ditipu Tengkulak

 

Murod juga mendukung para petani jernang agar kedepan tidak lagi ditipu-tipu oleh para tengkulak. Ia menyebut jernang merupakan komoditas unggulan lokal bagi petani di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). 

 

Ia bahkan sudah berkomunikasi dengan Dirjen Perdagangan untuk dapat memfasilitasi pengembangan kedepannya terhadap petani Jernang di Riau. 

 

"Jernang salah satu komoditas unggulan lokal, terutamanya dari Kuansing yang memiliki nilai yang luar biasa, nilai jualnya sangat tinggi banget. Satu kilo kemarin bisa sampai 4,8 juta. Satu kilo bayangkan, nah ini kan merupakan daya tarik tersendiri, begitu lo," tegas Murod, Kamis, 18 Februari 2021, kepada RiauOnline saat dijumpai di Kantor Dinas LHK Riau.

 

Menurutnya kedepan Pemerintah Provinsi akan mengembangkan Jernang ini ke wilayah-wilayah yang cocok.

 

"Nah kenapa kedepannya itu, di wilayah-wilayah yang cocok tentunya, kenapa kita tidak mengembangkan ini. Paling tidak kita akan dorong di Kuansing itu jangan sampai nanti mereka sudah panen menjualnya susah," ungkapnya, dengan bersemangat.

 

Murod melanjutkan bahwa nantinya ia ingin memfasilitasi itu. "Saya sudah bicara dengan salah satu Dirjen Perdagangan, mereka juga tertarik dan ingin memfasilitasi kita, bahkan mau melakukan zoom meeting terkait dengan jernang ini," tuturnya

 

"Ya, jadi intinya bahwa kita sangat mendukung masyarakat Kuansing untuk mengembangkan jernang," pungkasnya.