Iwan Fatah Sebut Dashboard Lancang Kuning Kunci Cegah Karhutla di Riau

Parisman-Ihwan.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Langkah cepat pemerintah Provinsi Riau menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diapresiasi Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan.

Aplikasi Dashboard Lancang Kuning sebagai instrumen pemantau titik api disebut Parisman sebagai satu kunci penanganan kebakaran hutan di Riau.

"Kita yakin aparat penegak hukum akan bersikap tegas untuk Karhutla ini, komitmen aparat dalam pencegahan Karhutla ini sudah bisa kita lihat dari aplikasi dashboard Lancang Kuning hasil karya Polda Riau, jadi saya tidak meragukan lagi lah," ujar Parisman, Selasa, 23 Februari 2021.

Iwan menyebut tahun 2020 yang dilewati tanpa bencana asap berkat aplikasi dashboard lancang kuning dan kerja sama antar lembaga disebut Iwan harus dilanjutkan di tahun 2021.

"Alhamdulillah tahun 2020 lalu kita hampir bisa dikatakan bebas asap, tren ini juga harus dilanjutkan di tahun 2021 ini," ujar pria yang akrab disapa Iwan Fatah.

Iwan menghimbau, semua stakeholder terkait agar bekerja sama dan tidak saling membuang tanggung jawab. Ia menekankan Karhutla adalah tanggung jawab bersama.

Ia menyebut gesekan antara masyarakat dan perusahaan yang sering terjadi terkait dengan pembukaan hutan dan lahan tidak boleh lagj terjadi.

"Perusahaan jangan memanfaatkan masyarakat kecil untuk kepentingan besar perusahaan," tegasnya