Titik Api Bermunculan di Riau, Ada 35 yang Terdeteksi, Terbanyak di Pelalawan

Titik-panas.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, tercatat pada hari ini ada 35 titik panas tersebar di Provinsi Riau.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Ramlan, mengatakan, sebanyak 35 titik panas terpantau di Riau tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Riau.

“Terdapat di Pelalawan 12 titik, Kabupaten Indragiri Hilir 9 titik, Kabupaten Bengkalis 7 titik, Kabupaten Indragiri Hulu 4 titik, Kabupaten Siak 2 titik dan Kota Dumai 1 titik,” ungkapnya, Kamis, 18 Februari 2021.

Ramlan, menambahkan,umumnya titik api kerap muncul jika memasuki musim kemarau terutama di wilayah pesisir timur, seperti Kabupaten Siak, Kabupaten Meranti, Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai.

“Untuk tingkat titik panas diatas 70 persen, di Bengkalis ada 2 titik yakni di Kecamatan Rupat,” tuturnya.

 


Lebih lanjut, Kepala BMKG, menyebut, memasuki bulan kemarau ini belum terlalu banyak titik panas atau titik api di wilayah Riau, namun harus tetap waspada adanya potensi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

“Kita harus lebih waspada kedepannya setelah memasuki musim kemarau tahap kedua di bulan Mei hingga September mendatang, jadi kita harus siap siaga dan mempersiapkan diri,” tutupnya.