Riau Sering Terjadi Kebakaran, Anak Muda Diajak untuk Ambil Peran

Edo-Rakhman.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Koordinator Golongan Hutan Indonesia, Edo Rakhman mengajak anak muda Riau untuk peduli terhadap isu-isu lingkungan dan iklim.

 

Edo melanjutkan bahwa terbentuknya Koalisi Golongan Hutan di Nasional mempunyai tujuan untuk mengedukasi anak muda perihal isu lingkungan hidup.

 

Ia menyampaikan isu lingkungan di mata anak muda hasil survey menyebut berada diperingkat empat di media sosial.

 

"Kegiatan ini diselengarakan oleh koalisi golongan hutan. Ini adalah koalisi yang dibangun kawan-kawan masyarakat sipil di nasional, untuk mengedukasi kepada generasi muda," kata Edo Rakhman, Rabu, 17 Februari 2021, bertempat di Sultan Resto Pekanbaru.

 

Menurutnya perlu semangatnya anak muda, bagaimana isu lingkungan hidup di Indonesia menjadi bahan yang didiskusikan setiap hari.

 

"Dibentuk awalnya untuk merespon pemilihan presiden di April 2019 lalu, bagaimana anak muda lebih peduli isu hari ini khususnya Lingkungan hidup," ujarnya


 

Ia menyampaikan Koalisi Golongan Hutan membahas hampir semua isu lingkungan hidup, seperti kebakaran hutan, perubahan iklam, pencemaran limbah, plastik ,dan seterusnya.

 

"Hampir organisasi yang membentuk koalisi ini bermain di isu lingkungan dan hutan, ada dari Greenpeace, Walhi, Kemitraan/Partnership, Madani Berkelanjutan, Coaction, EcoNusa, Pantau Gambut, Change.org, Auriga, Kaoem Telapak, dan Development Dialogue Asia/DDA. Satu isu utama yang yg diperhatikan adalah Karhutla," pungkasnya.

 

Seperti diketahui, Provinsi Riau juga memiliki isu-isu lingkungan, misalnya kebakaran lahan dan hutan, perubahan iklim, pencemaran limbah, dan lainnya.

 

Oleh karena itu, Golongan Hutan mengadakan kegiatan Forest Fire Response Training in Sumatera, pada 17-18 Februari 2021 bertempat di Provinsi Riau.

 

 

 

Adapun peserta diskusi yang mengikuti acara yaitu ada mahasiswa, masyarakat, dan NGO yang ada di Riau.