Ini Empat Saran Perbaikan KPU Riau Untuk Aplikasi Sirekap

KPU-Riau7.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengidentifikasi sejumlah hal yang menjadi permasalahan yang dibutuhkan untuk penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di Pemilihan selanjutnya. 

 

Berdasarkan identifikasi, KPU Riau menyebutkan setidaknya empat perbaikan dibutuhkan untuk memaksimalkan Sirekap.

 

"beberapa perbaikan yang muncul saat rapat koordinasi Evaluasi Sirekap adalah Daya server, Jaringan Internet, Perangkat HP, dan Kapasitas SDM sebagai pengguna Sirekap" ujar Komisaris KPU, Nugroho Notosusanto, Jumat, 12 Februari 2021. 

 

Nugroho menjelaskan daya server aplikasi ini masih ditemukan Sirekap mengalami penurutan performa ( down) saat diinstalasi secara masif. Di antara penyebabnya karena banyaknya pengguna yang mengaktivasi dalam waktu bersamaan, sehingga sistemnya menjadi berat diakses, dan bahkan down. 

 

Atas hal ini KPU merekomendasikan agar memperbaiki daya dan kekuatan server Sirekap sehingga sistem tersebut mampu mengakomodasi pengguna Serikap yang bersifat masal, masif, dan cepat.


 

Selanjutnya berkaitan dengan Jaringan Internet yakni kualitas dan pemerataan jaringan internet di seluruh lokasi TPS, PPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota. Kenyataannya, masih terdapat daerah-daerah blank spot atau tak tersedianya kualitas jaringan internet yang memadai. 

 

"Untuk itu, KPU riau menyarankan agar sinergi dengan Pemerintah khususnya Menkominfo ditingkatkan agar ketersediaan jaringan internet menjadi lebih baik lagi," ujar Nugroho. 

 

Terkait kapasitas Sumber Daya Manusia berhubungan dengan kemampuan atau kecakapan penyelenggara pemilu di setiap tingkatan dalam menggunakan Sirekap tersebut.

 

Karena sistem informasi rekapitulasi ini terbilang baru, diperlukan kecepatan dan keahlian dalam menggunakannya. Atas hal ini KPU menyebut bimbingan teknis lanjutan diperlukan untuk mematangkan penggunaan aplikasi ini. 

 

"Upaya pendidikan atau bimbingan teknis diharapkan lebih panjang waktunya,  sehingga KPU memiliki cukup waktu untuk menyosialisasikan ke pengguna Sirekap,"

 

 

Terakhir yakni Perangkat gawai atau handphone turut berkontribusi pada sukses tidaknya penggunaan Sirekap. Bersyukur, rata-rata warga memiliki perangkat Android di gawai mereka. Pun demikian, perlu dipikirkan juga agar Sirekap lebih mudah di aspek instalasi pada gawai setiap pengguna Sirekap.