Ketum PDIP Singgung Pentingnya Desa, Zukri Misran Punya Program Khusus

Hut-PDIP.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Merayakan ulang tahun ke-48 pada 10 Januari 2021 kemarin, PDIP menyoroti peranan desa yang sangat signifikan dalam menentukan arah pembangunan bangsa. 

 

Dalam pidato kebangsaannya di HUT PDIP, Ketua Umum PDIP, Megawati mengingatkan agar presiden Indonesia yang juga kader PDIP, Jokowi menginisiasi data desa yang lebih presisi.

 

"Dimulai dengan pendataan desa yang presisi, data yang akurat. Sudah waktunya Indonesia memiliki data yang komprehensif," ujar Megawati kepada seluruh kader melalui teleconference. 

 

Kemandekan ini, disebut Megawati mengingatkannya pada saat ia iseng menanyakan sumber mata air Kali Ciliwung pada menterinya kala ia menjabat sebagai Wakil Presiden. 

 

Meski hanya pertanyaan iseng, sang menteri justru menjawab dengan sangat serius dan terlalu rumit bahkan membuat Megawati kebingungan. Ia menuturkan ingin ada satu database yang simpel dan semudah Youtube saja. 

 

Perihal pentingnya data potensi desa ini diamini oleh ketua DPD PDIP Riau, Zukri Misran yang menyebut bahwa desa merupakan sentra kehidupan. 

 

"Sumber kehidupan masyarakat kan di desa semua, maka konsentrasi itu harus ditafsirkan oleh kader untuk memperhatikan masyarakat desa agar gap kemiskinan semakin kecil, lingkungan terperhatikan," jelas Zukri. 

 

Lebih jauh Zukri menjelaskan hal ini sejalan dengan upaya pemerintah meningkat industri namun harus diimbangi dengan upaya menjaga alam. 

 

"Dihubungkan dengan arah pemerintahan presiden Indonesia, Jokowi yang ingin meningkatkan industri kita harus berpikir bagaimana memaksimalkan potensi sumber daya alam yang terhilirisasi menjadi manfaat bagi rakyat," jelas Zukri. 

 

Zukri menyebut kedepan PDIP akan menginisiasi program untuk meningkatkan potensi desa. 

 

 

"Kita buka lapangan pekerjaan dan tingkatkan valuenya bagi masyarakat. Kedepannya akan ada program khusus," tutup Zukri.