Vaksinasi Covid-19, Chaidir Sebut Pemprov Perlu Bangun Kepercayaan Masyarakat

Ketua-FKPMR-Chaidir.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Riau Chaidir mengaku mendukung pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

Namun, pihaknya masih mendapat informasi masih ada masyarakat belum percaya keamanan vaksin tersebut.

"Kita mendukung program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah, memang demikian lah harusnya, ketika kita berhadapan dengan sebuah wabah," kata Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), Kamis, 07 Januari 2021, saat mengikuti rapat percepatan vaksinasi Covid-19 Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi.

Menurutnya,Vaksinasi memang harus dilakukan saat wabah melanda, namun yang menjadi persoalan pemerintah belum menjawab kerisauan masyarakat terkait keamanan vaksin.

"Yang dirisaukan masyarakat sekarang adalah tentang vaksin itu sendiri, apakah vaksin ini aman untuk kita gunakan atau belum," ujar Mantan Ketua DPRD Riau.

Ia melanjutkan, hal itu harus dibahas dalam rapat bersama ini agar tokoh masyarakat dapat membantu sosialisasi di tengah masyarakat terkait keamanan vaksin.

"Tapi yang beredar di media sekarang ini, media sangat luar biasa, itu tidak aman sama sekali, belum lolos uji klinis tingkat tiga. Macam-macam ini isunya, untuk ini perlu adanya penjelasan mengenai vaksin ini," ungkapnya.

Chaidir menuturkan saat ini sedang berhadapan dengan kepercayaan masyarakat yang turun.

"Masyarakat tidak percaya kepada kita, tidak percaya kepada pemerintah, tidak percaya kepada berbagai lembaga kita."

"Nah ini perlu kita bangun trust building di tengah masyarakat kita, kalau tidak nanti akan terjadi penolakan," pungkasnya.