Usai Tumpukkan Sampah Dibersihkan Warga, TPS Pasar Palapa Ditutup

tps-pasar-palapa.jpg
(laras)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di area Pasar Palapa, Jalan Durian, Kota Pekanbaru ditutup, Kamis 7 Januari 2021. Penutupan dilakukan usai pengangkutan sampah dari TPS ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar.

Sehari sebelumnya, tumpukan sampah masih menggunung. Aroma menyengat timbul akibat sampah rumah tangga dan sampah pedagang di pasar. Apalagi puluhan lalat dan belatung juga mulai menyebar ke sekitar area TPS.

Warga setempat bersama RT/RW, lurah dan camat telah gotong royong pada Rabu 6 Januari 2021 kemarin. Mereka berupaya agar seluruh sampah yang menumpuk bisa terangkut ke TPA Muara Fajar.

Menurut Hermes Ipung selaku RT setempat, mereka awalnya mencoba bersihkan sampah secara manual. Namun akibat tumpukan sampah terlalu banyak, akhirnya didatangkan satu unit ekskavator.

Mereka membersihkan sampah di area pasar hingga malam hari. Pada Kamis, 7 Januari 2021, kegiatan bersihkan sampah dilanjutkan di sekitar Jalan Palapa.

"Semalam goro selesai jam 23.30, hari ini nyambung lagi di Jalan Palapa," ujarnya kepada riauonline.co.id Kamis 7 Januari 2021.

Hermes belum memastikan penutupan TPS hanya sementara waktu atau ditutup selamanya mengingat hingga kini belum ada pemenang kontrak baru angkutan sampah.