Pilkada Usai, PAN Riau Segera Gelar Muswil Pilih Ketua

zulmi.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) telah menetapkan jadwal pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI PAN Provinsi Riau, yaitu pada tanggal 30 Desember 2020.

Instruksi tersebut diterima Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Riau melalui surat DPP PAN Nomor: PAN/A/WKU-SJ/112/XII/2020 tertanggal 18 Desember 2020.

Sekretaris DPW PAN Riau sekaligus Ketua Panitia Pengarah Muswil VI PAN Riau, T. Zulmizan F. Assagaff menyebut, helatan ini seharusnya digelar di akhir masa jabatan pengurus DPW PAN Riau periode 2015-2020 yang telah berakhir pada Juni 2020 lalu. Namun harus ditunda karena momentum Pilkada.

"Panitia juga telah siap sedia menggelar perhelatan terbesar PAN tingkat provinsi itu, tapi ternyata DPP PAN memutuskan menundanya sampai pasca pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dan memperpanjang masa jabatan pengurus," ujar T. Zulmizan, Minggu 20 Desember 2020.

Ia menyebut, alasan penundaan ini agar DPW dan segenap kader di seluruh Riau fokus untuk pemenangan Pilkada.


Terlebih kader PAN relatif banyak maju bertarung. Dari sembilan Pilkada yang digelar di Riau, kader PAN maju di tujuh daerah.

"Prinsipnya, kami telah bersiap menggelar Muswil kapan saja waktunya ditetapkan oleh DPP. Karena sebenarnya pada posisi bulan Juni 2020 persiapan sudah 80%. Tapi ada tugas khusus mengawal Pilkada, ya kami laksanakan," ujar T. Zulmizan, Minggu 20 Desember 2020.

Muswil yang mengusung tema "Bersebati Membangun Negeri" ini akan diikuti oleh sekitar 230 peserta dan peninjau yang terdiri dari: Pengurus Harian DPW, utusan DPP, Ketua MPPW dan jajaran, Ketua & Sekretaris DPD (tingkat kabupaten/ kota) dan Ketua DPC-DPC (tingkat kecamatan) se-Riau dan lain-lain.

Berkenaan dengan protokol kesehatan Covid-19, T. Zulmizan menjelaskan secara terbatas sebagian peserta dan peninjau akan hadir secara fisik di satu tempat di Pekanbaru dan selebihnya didistribusikan di minimal 12 titik di ibukota setiap daerah.

Sedangkan Ketua Umum PAN beserta Pengurus DPP lainnya, juga akan hadir secara virtual dari Sekretariat DPP PAN di Jakarta.

Ia menambahkan muswil akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tentu saja kami akan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat di semua tempat. Izin atau rekomendasi dari pihak berwenang akan kami urus sebagaimana mestinya. Insya Allah tidak akan ada kendala berarti," tutup T. Zumizan.

Dalam muswil ini, akan dilakukan pemilihan pengurus formatur yang akan diberi mandat menyusun kepengurusan lengkap DPW PAN Riau periode 2020 - 2025. Selain itu Ketua Formatur Terpilih otomatis akan menjadi Ketua DPW.