Asal untuk Rakyat, Husaimi Hamidi Dukung Gubernur Berhutang ke SMI

Husaimi-Hamidi2.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi II DPRD Riau, Husaimi Hamidi mendukung rencana Gubernur Riau, Syamsuar untuk melakukan pinjaman kepada Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Menurutnya, di tengah tren ekonomi Riau yang memburuk keputusan melakukan pinjaman adalah solusi untuk bisa melanjutkan pembangunan. 

 

 

 

"Itukan tanpa bunga, saya sudah sampaikan kepada kawan-kawan kalo untuk kepentingan masyarakat kita terdepan mendukung itu dengan catatan peruntukannya jelas," ujar Husaimi, Minggu 22 November 2020. 

 

Husaimi memberi catatan untuk tidak mengalokasikan dana hutangan ini ke pembangunan yang tidak fungsional. Ia mencontohkan salah salah satunya pembangunan irigasi yang tidak kunjung memberi keuntungan bagi masyarakat. 

 


Ia memberi saran agar dana ini digunakan untuk membangun jalan. Namun ia juga mensyaratkan agar pembangunan infrastruktur jalan juga diimbangi dengan penertiban kendaraan yang melebihi kapasitas atau ODOL (Over Dimension Over Loading). 

 

"Untuk pembangunan jalan bagus itu. Tapi ODOL juga harus ditertibkan, kita minta Gubernur kerjasama dengan Polda," ujarnya. 

 

Selain itu ia juga meminta agar ketika hutang tersebut terealisasi 12 kabupaten/kota mendapatkan dana tersebut sebagai stimulus pembangunan daerah masing-masing. 

 

"Itukan hutang seluruh Riau, semua harus dapat kuenya. Kita akan kawal ketat itu" tutup Husaimi. 

 

Meski dipotong dari Dana Bagi Hasil, Ia optimis hutang ini tidak akan memberatkan ekonomi Riau ke depan. Ia menyebut DBH sektor non-migas masih bisa dimaksimalkan. 

 

 

"Mungkin diberi tenggang waktu setahun atau dua tahun baru dipotong dari DBH. Mudah-mudahan ditahun ketiga DBH kita naik, CPO bisa kita kejar. Selagi Husaimi ketua Komisi III bisa tuh CPO kita kejar" tutupnya.