Dua Jenis Vaksin Ini Disiapkan Untuk Cegah Covid-19

dr-Indra-Yovi3.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi sebut ada dua jenis vaksin masih dalam tahapan uji coba. Vaksin itu nantinya akan disebarkan di Indonesia.

Yovi mengatakan, vaksin pertama bernama sinopex. Vaksin sinopex merupakan vaksin yang bahan bakunya virus dari Wuhan Cina. Untuk membuat vaksin ini diperlukan tiga trail. Uji coba sampai tiga tingkatan. Adapun trail satu dan trail dua dilakukan di Cina.

“Trail tiga dilakukan di empat negara. Satu Brazil, Indonesia, Turki, dan Qatar,” katanya.

Yovi mengatakan, dari hasil trail yang ketiga di empat negara itu nantinya dikumpulkan dan dilihat dari segi keamanan, juga khasiatnya. Kalau untuk Indonesia yang mayoritas muslim, perlu dipertimbangkan halal haramnya.

“Itu yang harus dipastikan pemerintah,” ujarnya.

Vaksin sinopex ini kemungkinan disebarkan di tiga bulan pertama tahun 2021. Artinya, tinggal beberapa bulan lagi untuk penyebaran vaksin ini. Minimal akan seperti ini hingga Juni 2021.

Terkait vaksin kedua kata Yovi, bernama vaksin merah putih. Vaksin merah putih murni dari virus yang ditemukan di Indonesia. Trail satu, dua, dan tiganya juga di uji coba di Indonesia.

“Vaksin merah putih kemungkinan besar baru bisa diedarkan 2022 akhir,” pungkasnya.