Startup DukungCalonmu, Digitalisasi Politik Pertama di Indonesia

dukung-calonmu.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perusahaan Startup terus tumbuh di belahan dunia. Semakin lama jumlah perusahaan yang berbasis ilmu teknologi ini menawarkan bermacam produk.

Kebanyak perusahaan Startup berhubungan dengan penjualan suatu produk dan jasa. Uniknya ternyata terdapat Startup khusus digital politik. Startup tersebut bernama DukungCalonmu.

DukungCalonmu merupakan karya Christian Hutabarat. Christian adalah putra daerah asal Riau yang sempat menikmati pendidikan S2 di Erasmus University, Rotterdam, Belanda melalui jalur beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Sepulang dari Belanda ia sempat bekerja di kantor staf Presiden. Setelah keluar dari kantor staf Presiden ia mendirikan perusahaan Startup DukungCalonmu.

“DukungCalonmu merupakan Startup digital politik pertama dan satu-satunya di Indonesia,” katanya.

Visi besar DukungCalonmu adalah menghadirkan budaya politik baru di Indonesia melalui digitalisasi politik guna menghadirkan pemimpin-pemimimpin yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Produk ditawarkan adalah plat form kampanye digital dan online election. Dalam kampanye digital keuntungan yang diperoleh yaitu meminimalisir pengeluaran biaya sehingga calon yang kompeten dengan keterbatasan finansial tetap bisa ikut serta.

Selain itu, dapat memperluas ruang interaksi calon dan kontestan politik serta meningkatkan transparansi dana kampanya politik.

Online Election dimakudkan untuk memberi solusi atas permasalahan tingginya biaya penyelenggaraan pemilihan dan lokasi yang tersebar luas.

Christian mengaku mendirikan DukungCalonmu hanya dengan modal Rp 0, pengalaman, nama baik dan kemampuan.

“Saya mendirikan DukukungCalonmu dengan modal dengkul,” katanya.

Adanya DukungCalonmu mengantarkan Christian mendapatkan penghargaan 3 besar di bidang Politik Hukum dan HAM (Hak Asasi Manusia) dari Mata Garuda.

“Saya menjadi satu-satunya mahasiswa asal Riau yang mendapatkan penghargaan tersebut,” ungkapnya.

DukungCalonmu pernah terpilih untuk tampil pada acara Startup Show Sarasehan LPDP. Kegiatan ini merupakan acara tahunan tempat bertemunya seluruh penerima LPDP se-Dunia. Acara tersebut dihadiri langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa Menteri Indonesia.

Selanjutnya, DukungCalonmu juga terpilih menjadi 3 besar di ajang International Pitching di Manila yang diikuti oleh lebih dari 50 Startup internasional.

Ia kini sudah memiliki 15 orang karyawan. DukungCalonmu sudah mendapatkan dukungan dana dari Inkubator Universitas Indonesia dan PT Telkom Tbk.

Menjadi seorang alumni beasiswa LPDP membuat ia merasa punya kewajiban untuk mengabdi kepada negara. DukungCalonmu menjadi karya yang ia persembahkan kepada Indonesia sebagai bentuk pengabdian.

Ia memegang teguh sebuah kalimat motivasi.

“Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu” kataya.