Isolasi 15 Hari, Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Riau Capai 521 Orang

Pasien-Corona24.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh di Provinsi Riau, Senin 19 Oktober 2020 mencapai 521 orang. Ini merupakan angka pasien sembuh terbanyak dan sepanjang Pandemi Covid-19 masuk ke Provinsi Riau.

Dengan adanya penambahan 521 kasus pasien sembuh tersebut maka saat ini total pasien positif Covid-19 di Riau sudah sembuh mencapai 7.456 kasus. Sementara untuk penambahan kasus baru hari ini sebanyak 197 kasus. Sehingga total kumulatif kasus Covid-19 di Riau sebanyak 11.839 kasus.

"Allhamdulillah hari ini cukup tinggi angka kesembuhanya diatas 500 orang. Sedangkan angka penambahan kasus barunya sebanyak 197 kasus," kata Gubri Syamsuar , Senin 19 Oktober 2020.

Syamsuar mengungkapkan, tingginya angka kesembuhan di Riau tidak lepas dari kerja keras para petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam merawat dan menangani pasien Covid-19.

Selain itu, Gubri Syamsuar juga mengungkapkan faktor lain penyebab tingginya angka kesembuhan di Riau. Di antaranya adalah adanya kebijakan dari pemerintah pusat, dalam hal ini adalah kementerian kesehatan terkait kriteria pasien Covid-19 yang otomatis dinyatakan sembuh setelah 15 hari menjalani isolasi.

"Angka kesembuhan yang paling tinggi masih dari Kota Pekanbaru. Karena sesuai dengan Permenkes revisi lima, pasien yang sudah isolasi mandiri selama 15 hari itu pasien dinyatakan sembuh, meskipun saat diswab hasilnya positif, itu dianggap sudah sembuh kalau sudah menjalani isolasi mandiri selama 15 hari," kata Syamsuar. (*)