Intsiawati Ayus: Deklarasi KAMI Jangan Bikin Riuh Riau

Anggota-DPD-asal-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Prioritas pemerintah dan rakyat saat ini bagaimana pandemi Virus Corona teratasi secepatnya serta masyarakat tetap bisa nyaman di situasi tidak normal. Selain itu, pekerjaan rumah di Riau ini masih banyak lagi, jangan menambah negeri ini semakin riuh.

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Riau, Intsiawati Ayus menanggapi Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Riau direncanakan esok hari, Jumat, 16 OKtober 2020.

"Silakan berserikat, berkumpul dan berpendapat, tapi tidak membuat riuh. Ingat tidak membuat riuh dan saya rasa ini bukan waktu tepat (deklarasi KAMI)," ungkap Intsiawati Ayus, Kamis, 15 Oktober 2020.

Senator Riau ini mengatakan, tiap warga negara bebas berserikat dan berpendapat di ruangan ataupun di luar ruang, di panggung ataupun di balik gunung.


Namun, kata Tun Sri Rumpun Melayu Bersatu Laskar Hulubalang Melayu Riau (RMB-LHMR) ini, tetap menjunjung tinggi nilai luhur budaya Melayu serta wajib taat pada ketentuan peraturan yang ada di Indonesia.

Ia menjelaskan, kondisi para pemangku daerah di Riau cukup banyak permasalahan menumpuk di depan mata harus diselesaikan.

"Covid-19 sudah menguras energi, waktu ditambah perekonomian di masa pandemi ini. Saya baca di media, sudah banyak kontroversi perdebatan dan pertentangan Deklarasi KAMI. Belum deklarasi, sudah ribut orang dibuatnya," kritik pedas Intsiawati Ayus.

Solusinya, ia mengajak utamakan kemashalatan masyarakat umum dengan tetap konsentrasi memutus mata rantai Covid-19 terlebih dahulu, serta peningkatan pertumbuhan ekonomi rakyat yang terpuruk.

"Kite semua bagian dari masyarakat Riau. Sayang rasanye dengan kondisi seperti ini ada hal-hal membuat riuh dan tidak nyaman suasana. Imun tubuh kita harus kuat sehingga diperlukan suasana nyaman di Riau," kata perempuan dengan logat kental bahasa Melayu ini.

Terakhir, anggota DPD asal Riau ini mendesak Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, untuk bersikap tegas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Saya yakin Pak Kapolda Riau akan tegas dalam bertindak terkait Siskamtibmas demi kenyamanan di Riau," pungkas pemilik pemilih terbanyak dengan 352.603 pada Pileg 2019 lalu.