Syamsuar Minta Pemerintah Pusat Bantu Riau Atasi Masalah Abrasi

Jalan-Dwi-Marta-hampir-putus-karena-abrasi.jpg
(Riau Online)

Laporan : WAYAN SEPIYANA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar, mengharapkan agar pemerintah pusat dapat membantu mengatasi abrasi di tiga pulau terluar di Riau.

"Itu harapan kami, untuk mengatasi abrasi di Pulau Rupat, Bengkalis dan Rangsang," kata Syamsuar, Kamis, 17 September 2020, di Gedung Daerah Balai Serindit.

Syamsuar menjelaskan, dalam rangka mengatasi abrasi, Pemprov Riau sudah memasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 139 kilometer lebih, yang akan dikerjakan oleh Kementerian PU.


Pihaknya juga berharap pemerintah pusat dapat memberikan dukungan terhadap pembangunan infrastruktur dasar di pulau terluar, seperti membangun jaringan internet di daerah pulau terluar.

"Kami sangat berharap, disamping pembangunan infrastruktur, juga anak-anak daerah kita ini bisa memanfaatkan digital," ujarnya.

"Di sana ada 15 lock free, istilahnya 15 kecamatan di daerah perbatasan ini yang juga harus mendapat perhatian dari pemerintah pusat," pungkasnya

Harapan dan keinginan itu, disampaikan Gubri Syamsuar usai mengikuti Webinar Nasional dalam rangka Pelaksanaan Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan bersama Menteri Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kominfo Johny G Plate.