Kasus Penularan Covid-19 Melonjak di Pelalawan dan Dumai

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai mengalami lonjakan tajam. Kenaikan kasus bahkan mencapai rekor tertinggi sejak kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Riau merilis, lonjakan kasus tambahan di Kabupaten Pelalawan mencapai angka 35 kasus. Sedangkan di Kota Dumai mencapai 26 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan jumlah tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau masih didominasi Kota Pekanbaru dengan tambahan 55 kasus. Namun ia mengakui di beberapa daerah justru terjadi lonjakan kasus.

"Tambahan kasus tertinggi masih Pekanbaru. Namun beberapa daerah seperti Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai justru mengalami lonjakan kasus yang cukup tinggi dibanding kasus sebelumnya," ungkap Mimi, Jumat (11/9/2020).

Selain ketiga Kabupaten/kota tersebut tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di beberapa daerah juga cukup tinggi. Seperti Kabupaten Siak mencapai 31 kasus dan Kabupaten Kampar 58 kasus.

"Sisanya yaitu Indragiri Hilir 7 kasus dan Rokan Hilir 1 kasus. Banyaknya tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 hari ini mayoritas merupakan kontak erat pasien sebelumnya. Ada juga hasil swab mandiri," jelas Mimi.

Sementara itu tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau hari ini mencapai 183 kasus. Sehingga total akumulatif kasus mencapai 3.343. Namun dengan tambahan 68 pasien sembuh, sebanyak 1.559 pasien telah dipulangkan.