Gubri Syamsuar Ingatkan ASN Harus Netral Pada Pilkada Serentak 2020

gubri-syamsuar.jpg
(riauonline)

Laporan : WAYAN SEPIYANA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar berharap pesta demokrasi serentak tahun 2020 di sembilan kabupaten/kota d di Riau berjalan aman dan kondusif.

Dalam hal ini, Syamsuar mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus menjaga netralitas sebagai abdi negara. ASN diharapkan untuk tidak memihak salah satu pasangan calon sesuai dengan peraturan yang ada.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, mengingatkan sejak dini, bahwa ASN harus netral.

"Yang ini juga tentu harus dipatuhi oleh semua ASN baik yang ada di Provinsi dan Kabupaten/kota," kata Ketua DPD Golkar Riau Syamsuar, kepada awak media, Senin, 7 September 2020.

Syamsuar mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti surat dari Menteri. Kemudian dari Menpan termasuk juga dari Bawaslu.

"Kita sampaikan kepada bupati, wali kota yang sekarang melaksanakan Pilkada, begitu juga organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemprov Riau," ujarnya.

Artinya, setiap kepala daerah, ASN, dan camat harus dapat menempatkan posisinya, sesuai dengan Azas Netralitas ASN telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Tidak boleh berpihak, termasuk camat," pungkasnya.