11 ASN Pemprov Riau Terpapar Covid-19

swab-pegawai-pemprov.jpg
(lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 11 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Riau tertular Covid-19. Sebelas ASN yang terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS) dan honorer tersebut tersebar di beberapa organisasi perangkat daerah.

Di antaranya bertugas Dinas Dinas Komunikasi, informasi dan Statistik, Badan Penyelenggara Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Inspektorat dan dilingkungan Setdaprov di Biro Administrasi Pimpinan. Terkait banyaknya ASN yang dilaporkan tertular covid-19, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengatakan para pasien terkonfirmasi positif covid-19 tersebut telah diisolasi.

“Hari ini dilaporkan ada beberapa orang yang tertular di Diskominfotik, Sehingga ada klaster kantor. Untuk itu instansinya diminta menjalankan SOP Kesehatan,” ujar Gubri.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Diskominfotik Provinsi Riau, Chairul Riski, mengakui beberapa pegawainya tertular covid-19. Sehingga sebagian pegawai terpaksa bekerja dari rumah. Terutama pegawai yang berusia di atas 50 tahun.

"Hari ini sudah ada yang bekerja dari rumah, terutama pegawai berusia di atas 50 tahun. Untuk saat ini belum ada rencana lockdown kantor. Kalau ditutup nanti tidak ada pelayanan," ujar Rizki.

Sementara itu terkait tertularnya beberapa ASN, Rizki menuturkan hal itu bermula di kantor Sandi, Gubernuran. Suami dari salah satu ASN terkonfirmasi positif covid-19, sehingga istrinya turut tertular dengan gejala batuk dan demam.

“Pegawai yang sakit itu sudah tidak masuk kantor lagi, sejak mengalami gejala. Setelah dilakukan swab ternyata ada beberapa orang yang tertular," jelas Riski.