Kasus Covid-19 di Kabupaten Siak Masih Tinggi

jaga-kesehatan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Kasus Covid-19 di Kabupaten Siak saat ini masih tinggi, tercatat masih 80 orang masih dirawat oleh Tim Medis dan 2 orang di antaranya meninggal dunia. Meski demikian, dari sekian banyak yang dirawat, sebanyak 4 orang dinyatakan sembuh.


Pasien yang sembuh dari Covid-19 itu adalah Pasien ke-148 Tn.FS (20) warga Kecamatan Lubuk Dalam yang dirawat di RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak pada Senin (10/8/2020) kini dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Siak mengumumkan per hari Kamis (13/8/2020) tercatat ada 4 orang pasien penambahan yang sembuh termasuk Tn. FS baru dirawat tiga hari lalu.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan dari data Dinas Kesehatan Provinsi Riau Tn. FS awalnya memiliki riwayat penyakit dengan hasil rontgen perburukan, kemudian diambil sampel swabnya pada (7/8/2020).

"FS dinyatakan positif dan dirawat di Siak, ia merupakan pasien perdana dari Kecamatan Lubuk Dalam," kata Budhi.


Budhi juga merincikan 4 pasien yang sembuh itu adalah:

1. Pasien ke-109 Ny. BE (47) dirawat dari RSUD Tengku Rafian Siak.
2. Pasien ke-148 Tn. FS (20) dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak.
3. Pasien ke-73 An. TAA (6) dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak.
4. Pasien ke-72 Tn. JS (42) dirawat di Asrama Haji Siak.

"Hari ini total yang sembuh menjadi 78 orang. Sedangkan yang masih dirawat ada 87 orang dan 2 meninggal," kata Budhi.

Dirincikan Budhi, 87 yang masih dirawat ada 55 orang di RS Eka Hospital, 18 orang di RSUD Tengku Rafian, 13 orang di Asrama Haji Siak dan 1 orang di RS Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Masih ada 80 sampel lagi menunggu hasil, semuanya tersebar dibeberapa kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swab," katanya.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri, mengimbau kepada semua pihak agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Mari kita jaga kesehatan keluarga dan diri kita masing-masing, jangan disalahkan pemerintah nantinya, jika keluarga anda dijauh oleh tentangga kita sendiri, karena covid ini. Bersyukur dan berikan apreasiasi pada semua tim Kabupaten Siak dalam penanganan covid-19, mari selalu ikuti protol kesehatan," ucapnya.