Balik Kampong, Iyet Bustami Minta Restu Keluarga Maju Pilkada Bengkalis

iyet-busatmi-bengkalis.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Nama artis dangdut legendaris nasional asal Negeri Terubuk, Bengkalis, Iyet Bustami semakin santer terdengar. Iyat dikabarkan akan maju sebagai calon wakil bupati bengkalis mendampingi politisi PDIP Kaderismanto.

Bahkan, pelantun lagu Laksamana Raja di Laut itu, telah meminta restu kepada pamannya, Najib Efendi untuk maju di Pilkada Bengkalis Desember 2020 mendatang.

Dihubungi RIAU ONLINE.CO.ID, Najib Efendi mengamini dan keponakannya tersebut telah meminta restu akan "balik kampong" dan ikut kontestasi Pilkada Bengkalis.

"Iyet mohon restunya om, iyet maju di pilkada bengkalis," kata Najib Efendi menirukan ucapan keponakanya tersebut kepada RIAU ONLINE.CO.ID, Rabu, 5 Desember 2020.

Pun demikian, Najib Efendi mengatakan sampai saat ini pihak keluarga (Iyet Bustami) belum bisa berbicara banyak, namun Iyet kata dia, berjanji akan meminta restu kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis setelah dinyatakan maju dan dideklarisikan oleh partai pendukungnya.

"Iyet juga minta kepada sanak familinya yang ada di Riau khususnya Kabupaten Bengkalis untuk bersabar, sampai waktu yang tepat. Setelah itu, barulah kita sanak famili akan bergerak dan tancap gas," terangnya.

Untuk diketahui, Iyet Bustami sempat balik kampung saat pemilu legislatif 9 April 2014 silam. Dia menjadi daftar calon tetap dengan nomor urut 2 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Riau 1 meliputi, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

Iyeth Bustami yang terkenal lewat lagu dangdut dengan mengusung irama melayu berjudul Laksmana Raja di Laut tersebut hanya mampu meraih 45.803 suara.

Perolehan suara partai politik dan caleg PKB secara keseluruhan untuk pada dapil Riau 1 setelah dibagi Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) adalah sebanyak 184.673 suara, ternyata tidak mencukupi untuk memperolah 1 kursi DPR.