Sembilan Kasus Baru Covid-19 di Pelalawan, Tujuh Pasien Kontak Erat MR

asril-gugus.jpg
(riski)

Laporan: RISKI APDALLI

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Pasien positif corona virus diseases 2019 (COVID-19) asal Kabupaten Pelalawan menjadi 16 orang. Tiga orang sebelumnya yakni MN (56), SAH (30), dan SI (37) sudah dinyatakan sembuh dan sudah pulang.

“Ada penambahan pasien terkonfirmasi positif virus corona sebanyak 9 orang. Dari hasil swab yang keluar hari ini, semuanya hasil tracing kontak,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan Asril melalui telepon selulernya, Senin 3 Agustus 2020 malam.

Sehingga, kata Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 (GT-PPC), total jumlah yang terkonfirmasi positif menjadi menjadi 16 orang untuk pasien positif di Kabupaten Pelalawan, Riau, saat ini.

Adapun penambahan 9 pasien positif virus corona yakni, pertama pasien 457 terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Tn. B (31) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini 
sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Kedua, pasien 458 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Ny. IS (2,5 tahun) berjenis kelamin perempuan yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat 
di Kota Pekanbaru.

Ketiga, pasien 459 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Ny. J (53) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Keempat, pasien 460 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Tn. MS (23) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Kelima, pasien 461 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Ny. R (40) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Keenam, pasien 462 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Ny.WNR (18) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Ketujuh, Pasien 463 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Tn. ZH (30) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Kedelapan, pasien 464 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Ny. J (50) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan.

Dan kesembilan, pasien 465 Terkonfirmasi covid-19 di Riau adalah Tn. BJD (30) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Dari 9 pasien pisitif baru hari ini, 7 di antaranya merupakan hasil tracing kantak dan hubungan erat dengan pasien positif inisial MR. Sejauh ini kami masih melakukan tracing kontak pasien yang lainnya," beber Asril, kepada RiauOnline.co.id.

Sebelumnya, saat dikonfirmasi pada Ahad, 2 Agustus 2020 kemarin, Asril menjelaskan, bahwa pasien positif COVID-19 inisial HOT (16) anak dari pasien HRT (43) satu keluarga yang baru pulang kampung dari Medan Sumatera Utara. Mereka warga asal Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan hingga sekarang masih dirawat rumah sakit swasta Pekanbaru.

"Untuk pasien positif satunya lagi MR (48), merasakan sesak, flu, batuk, dan sakit pada tenggorokannya sebelum menjalani swab. Namun sudah dirawat di rumah sakit Pekanbaru," ujar Asril

Asril enggan mengomentari soal pasien MR merupakan salah satu pejabat di Pelalawan. Dia menyebutkan, identitas pasien tidak boleh dipubliksikan.

“Kita tidak pernah menyebutkan MR seorang pejabat. Saat ini tim gugus tugas langsung melakukan tracing kepada orang yang kontak erat dengan pasien MR. Hasil tracing kontak MR sudah kita cek ada 11 orang pada 2 hari lalu. Untuk hasilnya, kita tunggu saja informasi selanjutnya,” tandasnya.