Gubri Larang Warga Berkerumun Saat Momen Hari Kemerdekaan

Syamsuar5.jpg
(Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuat beragam lomba dan permainan tradisional saat HUT RI 17 Agustus mendatang.

Sebab, kegiatan tersebut bisa saja mengundang banyak orang berkerumun. Karena saat ini Provinsi Riau sedang menghadapi Pandemi Covid-19 dan kasusnya cenderung terus meningkat.

"Kami imbau sebaiknya lomba-lomba yang mengumpulkan banyak orang itu ditiadakan, ini semata-mata kita sampaikan untuk menghindari penularan Covid-19, kalau mau buat lomba secara online itu silahkan," kata Gubri Syamsuar , Rabu 29 Juli 2020.

Namun untuk proses malam renungan suci di taman makam pahlawan, tetap diadakan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Meskipun tahun ini pelaksanaan malam renungan suci tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Saat perayaan HUT RI ke 75, pada 17 Agustus 2020 mendatang, Pemprov Riau juga meniadakan perlombaan atau pemeran dan pertunjukkan. Salah satunya adalah hiburan rakyat yang biasa rutin digelar setiap tahunnya saat momen peringatan hari kemerdekaan RI.

"Kalau tahun lalu ada hiburan masyarakat, tahun ini kami mohon maaf itu kita tiadakan, karena kita ketahui bersama sekarang ini kasus Covid-19 di Provinsi Riau terus mengalami lonjakan,"ucapnya.

Tidak hanya perayaan HUT RI saja yang dirayakan secara sederhana, perayaan hari jadi ke 63 Provinsi Riau pada 9 agustus 2020 mendatang juga akan diperingati secara sederhana.

Pemprov Riau tidak akan menggelar event pameran atau pertunjukkan serta upacara pada hari jadi ke 63 Provinsi Riau. Sebab jika dipaksakan menggelar acara yang mengundang kerumunan orang bisa saja kegiatan tersebut menjadi sumber penularan virus corona.

"Hut Provinsi Riau tahun ini kita peringati secara sederhana saja, paling nanti hanya sidang paripurna di DPRD saja. Tidak ada upacara, dan kegiatan yang kita lakukan paling hanya bakti sosial. Jadi kegiatan-kegiatan seperti tahun lalu itu kita tiadakan," kata Syamsuar.(*)