Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha di Pulau Bengkalis Masih Stabil

bahan-pokok.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2020, persediaan bahan pokok khusus di Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau masih stabil. Harga dari tingkat agen hingga kedai pengecer terpantau masih wajar, belum ada kenaikan pada bahan pokok.

PT. Surya Bhakti, salah satu agen bahan pokok di Pulau Bengkalis, menyebut stok bahan pokok masih cukup jelang hari raya Idul Adha mendatang.

"Seperti gula, beras, minyak makan juga susu dan mie masih cukup," kata karyawan PT Surya Bhakti, Aci, Jumat 24 Juli 2020.

Agen sembako yang berada di Jalan Tenggiri Bengkalis hanya menyediakan stok minyak goreng dengan dua kemasan saja.

"Sedangakan untuk tepung terigu kita lagi kosong, namun untuk minyak goreng ada dua merek kemasan saja," ujar Aci.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Bengkalis, Berdian Damanik menjamin ketersediaan pangan berupa stok beras, gula dan tepung terigu dan minyak goreng untuk tiga bulan ke depan.

Dia menjelaskan, selain beras, pihaknya juga mempunyai stok gula, tepung terigu minyak goreng dan sarden kaleng yang aman dengan harga yang stabil.

“Untuk beras masyarakat jangan khawatir stok bulog banyak cukup sampai hari raya Idul Adha untuk stok kita cukup dan gula yang mungkin kemarin harganya agak melambung bulog sudah ada stoknya yang mumpuni sehingga boleh dibilang sekarang harga gula agak stabil sesuai dengan HET (harga eceran tertinggi) ketersediaan sampai tiga bulan ke depan,” kata Berdian Damanik.

Harga gula yang dilepas Bulog dengan harga tertinggi Rp.12.500,- (Dua belas ribu lima ratus rupiah) sedangkan beras Rp.9.950.-(Sembilan ribu sembilan ratus lima puluh rupiah).

Mengenai Operasi Pasar (OP) Bulog Bengkalis, dijelaskan Berdian Damanik sudah dilakukan setiap hari terutama beras.

"Dulu kita namakan OP sekarang KPSH (Ketersediaan Pasokan Stabilitas Harga) sekarang kita bekerja sama dengan mitra mitra atau agen agen dengan memasok ke mereka jadi Bulog tidak lagi OP turun ke pasar-pasar," terang Damanik.

Ditambahkan, Bulog Bengkalis masih tetap melayani penjualan beras Bulog dengan kemasan 5 kg dan 10 kg dengan harga perkilo Rp. 9950.- di kantor Bulog Bengkalis jalan Arif Rahman no.10 Bengkalis.