Pekerja Pendatang Positif Covid-19, Syamsuar: Stop Terima Pekerja dari Luar Riau

skusi-PMRJ.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Banyaknya penambahan kasus positif covid-19 yang menimpapekerja perusahaan yang didatangkan dari luar daerah ke Riau mendapat perhatian dari Gubernur Riau, Syamsuar.

Pasalnya ia menilai banyak prosedur yang diabaikan, sehingga Syamsuar meminta perusahaan perekrut pekerja untuk menyetop penerimaan pekerja dari luar daerah.

Hal ini diungkapkan Gubri Syamsuar kepada Riau Onlien, Selasa 22 Juli 2020 kemarin. Dikatakannya penerimaan pekerja dari luar selama pandemi harus di hentikan sementara. Apalagi pekerja yang berasal dari daerah zona merah.

"Seperti kasus positif di Dumai dan Siak, maka saya minta tolong di stop dulu. Penerimaan pekerja untuk Riau saja dulu, tidak usah menerima pekerja dari luar daerah dulu. Apalagi daerah yang memang zona merah.
Itu yang menimbulkan klaster (penularan Covid-19), tegas Syamsuar.

Untuk mengantisipasi pendatang dari luar daerah, Gubri mengaku pihaknya sudah melakukan pemeriksaan ketat di semua pos perbatasan. Namun ia mengaku kecewa karena ada perusahaan yang tidak melaporkan penerimaan pekerja yang berasal dari daerah zona merah penularan Covid-19.

"Memang ada perusahaan yang tidak melapor kepada kita. Dan ketahuan positif ketika sampai di Riau karena baru di rapid test di Riau. Harusnya mereka melakukan Rapid Test di daerah asalnya dan ketika sampai disini kita cek lagi," tambahnya.