Bupati Mursini Sebel Anak Buahnya Tak Taat Protokol Kesehatan saat Beraktivitas

H-Mursini3.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Mursini sangat menyesalkan tingkah sejumlah oknum pejabatnya tanpa memperhatikan protokol kesehatan saat mengikuti acara bersepeda santai dan arung jeram pada hari Minggu, 28 Juni 2020 lalu.

Dalam kegiatan tersebut ternyata ada satu warga terkonfirmasi positif Covid-19. Dia adanya Ny SA (32) warga Kecamatan Kuantan Mudik dan merupakan petugas analis laboratorium di RSUD Teluk Kuantan.

Ny SA (32) baru diketahui positif Covid-19 setelah pada Senin, 29 Juni 2020, Gugus Tugas Provinsi mengumumkan tambahan kasus baru untuk Kuansing. Ny SA (32) berasal dari Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Dia dilabeli pasien 225 positif Covid-19 di Riau.

"Pak Bupati sangat menyesalkan dan beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut bukanlah kegiatan Pemda, tetapi kegiatan pribadi yang tergabung dalam komunitas," ujar Bupati seperti disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten, Agusmandar melalui grup pertemanan WhattsApp, Kamis, 2 Juli 2020.

Bupati, disampaikan Agusmandar, sudah memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Teluk Kuantan untuk melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kontak dengan salah seorang ASN berinisial SA terkonfirmasi positif Covid-19 nomor 7 di Kabupaten Kuansing.

"Perintah pak Bupati agar segera melakukan swab massal baik yang bekerja di RSUD maupun yang ikut kegiatan komunitas sepeda pada hari Minggu di Lubuk Jambi," katanya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh ASN dan warga yang merasa pernah kontak untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan.

Bupati juga meminta masyarakat untuk tidak meniru apabila ada perilaku dari pejabat tersebut kurang baik. "Kalau ada perilaku dari pejabat yang kurang baik jangan dicontoh, karena itu tanpa sepengetahuan kita," tegasnya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tetap memenuhi ketentuan sesuai protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

"Tetap jaga kesehatan, selalu cuci tangan, memakai masker jika keluar rumah, tetap jaga jarak dalm berinteraksi, serta senantiasa berdo'a kepada Allah SWT agar wabah ini cepat berlalu," pungkasnya.

 

Dari foto yang beredar di sejumlah akun sosial facebook, sejumlah pejabat yang ikut gowes dan arung jeram di antaranya ada Sekda Kuansing Dianto Mampanini, Kadis Kopdagrin Kuansing Azhar, Camat Kuantan Mudik Sadarisnah dan anggota DPRD Kuansing Azrori Analke Apas.