Di Pasar Ini, yang Tidak Pakai Masker Disuruh Pulang, TNI-Polri Berjaga

TNI-Polri-razia-penggunaan-masker.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker ditengah pandemi Covid-19 di pasar Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kuansing terus meningkat. Hari pasar yang digelar setiap hari Minggu  di pasar Lubuk Jambi jadi areal wajib masker.

Pengamatan Lurah setempat, mulai dari pembeli, pengunjung dan pedagang di pasar terbesar kedua di Kabupaten Kuansing ini sudah hampir 90 persen menggunakan masker.

Ini juga tidak terlepas dari upaya yang dilakukan unsur pimpinan kecamatan (Upika) mulai Camat, Lurah, Kapolsek, Koramil, Puskesmas dan para Kepala desa mulai menghimbau, mensosialisasikan, dan melakukan penertiban terhadap penggunaan masker diareal pasar.

"Ini sudah minggu ketiga kita lakukan penertiban masker di pasar Lubuk Jambi, bagi pengunjung maupun pedagang tidak menggunakan masker kita minta pulang atau mencari masker baru bisa masuk pasar," kata Lurah Kelurahan Pasar Lubuk Jambu, Ranmaila, Senin, 22 Juni 2020.

Ranmaila mengatakan, pengamatan dilapangan sudah 90 persen masyarakat masuk pasar menggunakan masker. "Kalau tidak ada masker langsung kita suruh pulang untuk mencari masker, kalau sudah ada baru bisa masuk ke pasar," katanya.

Ini, kata Ranmaila, sudah minggu ketiga kita berlakukan wajib masker di pasar Lubuk Jambi. "Penertiban mulai pengunjung dan pedagang tidak menggunakan masker ini akan terus kita lakukan setiap minggu, selama masih ada virus corona ini," katanya.

Menurutnya, penggunaan masker sangat penting bagi masyarakat ditengah Covid-19 ini. Karena hal itu merupakan salah satu cara untuk mencegah terpapar virus yang berbahaya tersebut. Disamping itu warga juga harus sering-sering melakukan cuci tangan, dan melaksanakan social distancing dan juga jaga jarak.