Mulai Juli 2020, Roro Selari Layani Penyeberangan Tanjung Buton - Telaga Punggur

roro-bengkalis.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAUONLINE, BENGKALIS - Pelabuhan penyeberangan RoRo Desa Selari Kecamatan Bukit Batu mulai Juli mendatang akan melayani penyeberangan antar provinsi. Kapal RoRo yang dahulunya beroperasi melayani penyeberangan Tanjung Buton menuju Telaga Punggur akan dialihkan ke Pelabuhan Sungai Selari.

Hal ini diungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis Zul Asri kepada awak media, Kamis, 18 Juni 2020.

Menurut dia, rencana penyeberangan antar provinsi ini akan dikelola oleh dua perusahaan penyeberangan.

"Ada dua perusahaan nanti yang akan melayani penyeberangan antar Provinsi Riau dengan Batam ini. Saat ini kita masih menunggu kepastian tanggal mulai operasinya saja lagi, kemungkinan bulan depan kalau tidak awal bulan mungkin pertengahan bulan," ungkap Zul Asri.

Menurut dia, saat ini Dishub Bengkalis masih melakukan persiapan rencana operasi penyeberangan antar provinsi ini, di antaranya persiapan tiketing, fasilitas antrian dan cek poin sebelum masuk kapal.

"Apalagi saat ini untuk pelayanan penyeberangan harus melakukan prosedur penanganan Covid. Kita tengah siapkan cek poin untuk prosedur Covid 19 mudah-mudahan bulan depan semuanya siap," terang Zul Asri.

Menurut dia, untuk jadwal penyeberangan nantinya diperkirakan akan terjadwal hampir setiap hari. Karena jarak pelayaran penyeberangan sekitar 17 sampai 20 jam, jadi bisa hampir setiap hari nantinya dengan kapal yang melayani dari perusahaan yang berbeda beda.

Rencananya nanti untuk pelayaran antar provinsi ini akan dilakukan pada sore hari. Kapal dari Batam tiba di pelabuhan Sungai Selari pada pagi harinya.

"Menjelang sore kapal ini akan sandar sementara di pelabuhan sandar air putih," tutupnya.